Hari pertama siswa-siswi melaksanakan UNBK. (Foto:" Dok. Diskominfo Jepara)

JEPARA – Menghadapi hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer, Pemkab Jepara melakukan monitoring dan evaluasi ke beberapa sekolah di Jepara, diantaranya SMP N 1 Tahunan dan MTs N Bawu Senin (23/4) pagi.

Sekda Jepara Sholih memimpin monitoring dan evaluasi ke sekolah-sekolah tersebut bersama anggota dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga yang disambut langsung oleh Kepala Sekolah masing-masing.

“Hari pertama menghadapi UNBK peserta mengikuti semua, di SMP N 1 Tahunan total peserta sebanyak 253 siswa, sedangkan di MTs N Bawu jumlah peserta sebanyak 382 siswa, masing-masing terbagi menjadi tiga shift, yaitu pagi siang dan sore”. Kata Sholih.

Dirinya menambahkan, Hari pertama menjalani UNBK di Kabupaten Jepara mengalami kendala terkait jaringan pada komputer, kendala tersebut dialami di sebagian sekolah yang berasal dari jaringan pusat. hal itu terjadi di SMP N 1 Tahunan yang tempat ujiannya dilaksanakan di SMAN 1 Tahunan karena kekurangan perangkat komputer yaitu pada ruang satu dan tiga. Untuk ruang ujian yang digunakan ada tiga kelas dimana setiap kelas diisi sebanyak 20 siswa, imbuhnya.

Hal berbeda terjadi di MTs N Bawu, empat ruang yang digunakan masing-masing diisi 40 siswa, semuanya lancar tanpa terjadi kendala masalah jaringan. Ujian dibagi menjadi tiga -shift- , pukul 07.30 – 09.30, 10.30 – 12.30, dan 14.00 – 16.00.
Kepala Sekolah MTs N Bawu Umi Hanik didampingi M. Herucahyo mengatakan,”Ujian hari pertama Semua siswa mengikuti, total peserta ada 382 peserta UNBK, terbagi menjadi empat ruang, masing-masing setiap ruang diisi sebanyak 40 siswa untuk ruang satu, dua dan tiga, sedang untuk ruang empat diisi sebanyak delapan orang”, ungkap Heru.

UNBK berlangsung selama empat hari, mulai senin 23 sampai 26 April, dengan matapelajaran dihari pertama yaitu Bahasa Indonesia disusul hari berikutnya matematika, Bahasa inggris dan hari terakhir IPA.Untuk tingkat MTs ada lima tambahan matepelajaran untuk Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN BK) yaitu, Qur’an Hadits, Aqidah Ahlak, Fiqh, SKI dan Bahasa Arab. (DiskominfoJepara@Aldo)