Upacara dalam rangka hari lahirnya Pancasila ke 73 tahun di halaman Kantor Bupati Jepara. (Foto: Dok. Diskominfo Jepara)

JEPARA – Bupati Jepara Ahmad Marzuqi memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila di halaman Kantor Setda Jepara, pada Jumat (1/6) pagi. Upacara dimulai sekitar pukul 07.30 WIB, dan dihadiri Kapolres Jepara AKBP Yudianto Adhi Nugroho, Dandim 0719/Jepara Letkol (Czi) Fachrudi Hidayat, Ketua DPRD Jepara Junarso, dan para pejabat terkait.

Dalam upacara tersebut, Bupati Ahmad Marzuqi membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo dalam rangka upacara peringatan hari lahir Pancasila. “Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita,” ujar Marzuqi mengutip sambutan Jokowi.

Dalam sambutan Jokowi tersebut, Marzuqi menyampaikan, selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak idiologi-idiologi lain yang hendak menggesernya. Selama itu pula, Pancasila sudah menjadi rumah yang ber-Bhineka Tunggal Ika. “Insya Allah, sampai akhir zaman, pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia,” kata dia.

Semangat berbagi antar anak bangsa untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama juga merupakan sebuah keharusan. Untuk itulah harus berbagi dengan memperkuat etos kepedulian, welas asih, dan saling menghargai dengan penuh empati. “Bulan ramadhan yang penuh berkah ini, harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat etos peduli dan berbagi,” paparnya.

Semangat dan energi kebersamaan diharapkan mampu membuat Indonesia berprestasi dan memenangkan kompetisi. “Saya yakin semangat berprestasi itu tertanam kuat di dada para atlet kita untuk mengibarkan bendera merah putih di Asian Games dan Asian Para-games yang diselenggarakan tahun ini,” kata dia.

Pada kesempatan itu pula, bupati mengajak kepada para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, politisi, dan jajaran aparat pemerintahan, anggota TNI/Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian. “Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara maju dan jaya,” katanya. (DiskominfoJpr/Dian)