JEPARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara membuka pendaftaran calon anggota legislatif untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Pendaftaran mulai dibuka mulai Rabu, 4 Juli sampai dengan hari Selasa, 17 Juli mendatang, di Kantor KPU Jepara. Pendaftaran caleg dibuka mulai pukul 08.00 hingga 16.00 Wib. Kecuali pada hari terakhir, layanan pendaftaran dibuka hingga 24.00 Wib. “Kami sudah menyiapkan petugas khusus, untuk pendaftaran para caleg,” kata Muntoko, Komisioner KPU Jepara, pada, Senin (9/7) siang di kantor KPU Jepara.

Disampaikan, selama enam hari sejak dibukanya pendaftaran calon legislatif DPRD Jepara periode 2019-2024, masih sepi pendaftar. Hingga berita ini diturunkan, belum ada satu partaipun yang mendaftar bakal calegnya.

Muntoko meminta partai politik, untuk segera mengirimkan dan menyerahkan berkas bakal calon anggota legislatif diawal waktu pendaftaran. “Kita imbau parpol menyerahkan di awal-awal kemudian jika ada perbaikan atau perubahan yang harus diubah harus diperbaiki,” kata dia.

Jika parpol mengirimnya berkas caleg di hari terakhir pendaftaran, maka itu menyulitkan melakukan perbaikan bila ada berkas belum lengkap. “Kita imbau juga agar menyerahkannya tidak di hari terkahir. Karena kalau ada perbaikan itu dia sulit tidak ada waktu lagi mepet,” imbuhnya.

Kemungkinan saat ini, para caleg sedang disibukkan untuk mempersiapkan diri melakukan tes kesehatan, sebagai salah satu yang dipersyaratkan. Selain, penentuan nomor urut di masing-masing partai. Dia menambahkan untuk pendaftaran caleg tersebut ada dua persyaratan yang harus dipenuhi. Yaitu syarat pencalonan dan syarat calon.

Muntoko mengingatkan kepada Parpol untuk benar-benar mempelajari Undang-undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 agar kelengkapan berkas dapat langsung diterima dan sah. Dalam undang-undang tersebut juga menjelaskan tentang syarat 30 persen keterwakilan perempuan sebagai caleg di masing-masing dapil (DiskominfoJpr/Dian).