Praktik Sport Massage oleh KKN Upgris di Balaidesa Tegal Sambi (Foto: KKN Upgris)

JEPARA – KKN Universitas PGRI Semarang di Desa Tegalsambi Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara menggelar pelatihan sport massage dan reposisi cedera olah raga. Pelatihan dilaksaakan di Balaidesa Desa Tegalsambi yang melibatkan Forum Kesehatan Desa (FKD) dan Bapak Maftukin Huda, M.Pd sebagai pembicara, pada Sabtu (9/2) malam.

Kegiatan pelatihan ini diikuti sekitar 40 warga, laki-laki dan perempuan perwakilan dari masing-masing RT yang terdapat di Desa Tegalsambi. Antusiasme warga terlihat dari semangat mereka mengikuti rangkaian acara pelatihan. Mulai dari pemaparan materi hingga praktik, peserta sangat bersemangat. Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan peserta, mencerminkan rasa keingintahuan dan ketertarikan warga terhadap pelatihan sport massage dan reposisi cedera olah raga cukup tinggi.

Akhyar salah satu warga yang menjadi sukarelawan praktik massage dengan keluhan otot punggung yang tertarik mengatakan, “efek dari massage ini bisa langsung dirasakan jika dilakukan dengan teknik yang benar,” ujarnya.

Begitu pula dengan beberapa Sukarelawan lain dengan keluhan yang berbeda. Mereka merasakan hasil dari sport massage yang dilakukan dengan teknik yang benar meski baru sekali tritmen.

Ketua panitia Dhimas Dwi Prasetyo mengatakan, pelatihan ini bertujuan memberi edukasi kepada warga, bagaimana cara memijat dan menangani cidera olah raga dengan benar, bukan hanya mengedukasi tetapi juga membekali warga dengan teknik dasar massage yang tepat dan benar.

Sejalan dengan tujuan utama dari pelatihan ini, ketua FKD Nur Ahmad mengungkapkan bahwa pelatihan ini tidak hanya akan terputus sampai di sini saja, namun akan terus berlanjut melalui pertemuan rutin FKD. (KKN Upgris)