Pengurus Cabang Persatuan Renang Seluruh Indonesia (Ketum-PC-PRSI) Kabupaten Jepara melakukan audensi di Rumaah Dinas Bupati Jepara (Foto Dok. Diskominfo Jepara)

JEPARA – Paska mengantongi sertifikat kelayakan dari Sucofindo belum lama ini. Jepara Olympic Pool yang berada di kawasan Stadion Gelora Bumi Kartini (SGBK) Jepara, bersiap menyambut “Krapda Jawa Tengah Bupati Cup III Tahun 2019”, pada minggu ketiga Juli mendatang.

Venue renang ini dinyatakan Ashar Ekanto selaku Ketua Umum Pengurus Cabang Persatuan Renang Seluruh Indonesia (Ketum-PC-PRSI) Kabupaten Jepara, sudah cukup ramah untuk atlet serta penonton. Meski begitu, pihaknya akan terus melakukan berbagai pembenahan dan peningkatan, baik sarana dan prasarana penunjang lainnya. “Kolam renang sudah kemarin itu disertifikasi dari Sucofindo dan layak untuk dipenyelenggaraan,” ujar Ashar Ekanto dalam audensi dengan Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, di Peringgitan Pendapa Kartini Jepara, Jumat (1/3) siang.

Dalam kesempatan itu, Ketua Panitia Pelaksana Krapda Jawa Tengah Bupati Cup III Tahun 2019 Arif Darmawan, mengatakan sedikitnya 500 atlet renang yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di Jateng akan mengikuti kegiatan ini. Bahkan perenang daerah yang pernah bertarung di level nasional.

Peserta nantinya akan berkompetisi di enam Kelompok Umur (KU) yang akan dipertandingkan. Mulai kelompok umur 9 tahun kebawah hingga atlet senior. Format pertandingan di Krapda Jawa Tengah Bupati Cup III Tahun 2019 ini, akan disesuaikan dengan format yang biasa dilakukan pada Krapda Jateng sebelumnya. “Hampir semua perwakilan kabupaten/kota di Jateng ikut. Jepara dipastikan ramai kunjungan pada saat ajang ini digelar,” ujar Arif.

Sekitar 100 atlet Jepara yang akan bertanding di kejuaraan renang paling bergensi di Jateng ini, sudah dipersiapkan jauh hari. Diharapkan atlet Bumi Kartini mampu memanfaatkan momentum sebagai tuan rumah, dan sekaligus untuk menjadi juara di rumah sendiri. Dua atlet renang Jepara yang sedang mengikuti pemusatan latihan, dan seleksi tingkat daerah untuk persiapan PON 2021, dipastikan ikut serta dalam Krapda kali ini. “Kita mengharapkan disamping sukses penyelenggaraan, juga sukses prestasi dari atlet-atlet renang kita,” imbuhnya.

Selain ajang kejuaraan, di lokasi sekitar kolam renang juga direncanakan akan dipamerkan beragam produk unggulan Kabupaten Jepara. Potensi pariwisata dan kearifan lokal pun, siap disuguhkan kepada para peserta. Baik dari para atlet, pelatih, hingga sporter.

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mengapresiasi dan responsif sekali, dengan kegiatan Krapda yang juga berbasis pariwisata ini. Terlebih sektor pariwisata memiliki dampak berantai terhadap sektor lain. Ia miminta seluruhnya dapat terlibat dalam menyukseskan gelaran ini. Mulai dari pihak pemerintah baik dinas/instansi, dunia usaha, perbankan, hingga masyarakat. (DiskominfoJepara/AchPr)