JEPARA – Mendorong tumbuh kembangnya perusahaan pemula (star-up) berbasis teknologi, Marine Science Techno Park (MSTP) Undip Jepara menggelar kegiatan Technopreneurship Camp MSTP 2019. Kegiatan bertema “Transform Marine Based Business into Sustainable Marine Industry : Dedicated to Indonesia” ini, digelar di Aula MSTP Undip Teluk Awur Jepara.

Direktur Badan Pengelola MSTP Undip Jepara Ridhuwan mengatakan, kegiatan Technopreneurship Camp ini, dilaksanakan selama dua hari, mulai Rabu (24/4), di asrama dan Aula MSTP Undip Jepara.

Lima tema yang diangkat diantaranya yaitu, Invator teknologi bidang marine, potensi bisnis dari sumber daya laut Indonesia, sukses story, industri berbasis teknologi produk perikanan dan hasil laut serta inkubasi bisnis teknologi. “Ini merupakan kegiatan kedua kami, setelah sebelumnya tahun 2018 lalu, dilaksanakan acara serupa,” kata dia.

Kegiatan ini tidak hanya diikuti para pelaku usaha di Kabupaten Jepara, namun juga dari Kudus, Demak, Pati, Blora, Cilegon, Bandung Tangerang hingga Pangkalpinang.
Disampaikan, peluang pengembangan usaha kelauatan dan perikanan Indonesia masih memiliki prospek yang baik. Pengembangan usaha keluatan dan perikanan dapat digunakan untuk mendorong pemulihan ekonomi diperkirakan sebesar USD 82 Miliar pertahun. “Indonesia memiliki kesempatan untuk menjadi penghasil produk perikanan terbesar dunia, karena kontribusi perikanan pada 2004-2009 terus mengalami peningkatan,” kata dia.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menghasilkan para pelaku starup bisnis bidang kelauatan dan perikanan. Mereka, dapat mentransformasikan bisnisnya menajdi industri yang maju dan berkelanjutan. “Dengan tumbuhnya industri baru, diharapkan Indonesia menjadi negara yang kuat, dan maju serta mandiri dalam bidang teknologi,” katanya.
Wakil Rektor Bidang Riset UNDIP Prof. Ambariyanto menyambut baik kegiatan ini. Ia menilai, produk industri sangat luar biasa. Banyak ide dan gagasan cemerlang, dari anak muda untuk mengembangkan bisnis starup ini. “Saya berharap, tenant-tenant yang terbentuk ini nantinya, menjadi perusahaan baru yang berkembang hebat di duniaindustri,” katanya (DiskominfoJepara/Dian).