Monitoring ke-2, cek harga kebutuhan pokok menjalang Idulfitri di sejumlah pasar di Kabupaten Jepara. (Foto Dok. Diskominfo Jepara)

JEPARA – Harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional yang ada di Kabupaten Jepara, masih stabil. Hal ini dilihat dari hasil monitoring gabungan pemerintah Kabupaten Jepara, pada Selasa (21/5), di beberapa Pasar Tradisional di Kabupaten Jepara.

Pemantauan dipimpin langsung Asisten II Setda Jepara Mulyaji, didampingi Satpol PP Kabupaten Jepara, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara (DKK), Porles Jepara dan Kodim 0719 Jepara.

Lokasi pertama yang dituju Pasar Pecangaan, Pasar Kalinyamatan, dan Pasar Mayong. Dalam pemantauan, selain mengecek ketersediaan barang juga melihat waktu kedaluarsa dan kandungan pada berbagai jenis makanan.

Tim langsung membeli sejumlah makanan yang ada di pasar tradisional untuk kemudian diuji kandungannya. Apakah mengandung zat berbahaya atau tidak. Termasuk makanan yang memiliki warna mencolok.

Asisten II Setda Jepara Mulyaji mengtakan, untuk hasil monitoring dari ketiga pasar didapatkan hasil bahwa kebutuhan pokok masih relatif stabil, sehingga tidak ada lonjakan kenaikan harga bahan pokok malah cenderung mengalami penurun harga.

“Harga bawang merah yang semula mencapai Rp. 50 ribu/kilogram turun Rp. 30 ribu hingga Rp. 35 ribu/kilogramnya,” kata dia.

Untuk bahan pokok lainnya seperti cabai hijau harganya sekitar Rp8 ribu per kilogramnya, untuk cabai merah mencapai harga Rp18 ribu per kilogramnya.

Daging ayam harganya sekitar Rp31 ribu sampai Rp35 ribu. Sedangkan untuk harga daging sapi mulai dari Rp110 ribu sampai Rp120 ribu per kilogramnya. Bawang putih mulai harga Rp32 ribu sampai Rp35 ribu per kilogramnya. Telur harganya sendiri mencapai Rp23 ribu per kilogram. Dari harga beras sendiri tergantung dari kualitas yang akan dipilih, untuk harganya sendiri mulai dari Rp9 ribu per kilogramnya untuk kualitas yang biasa, sedangkan untuk kualitas yang bagus harganya mencapai Rp13 ribu per kilogramnya (DiskominfoJepara/Zaenal/Nandha)