Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi menyerahkan SK Pensiunan di Ruang Sosrokartono, Setda Jepara. (Foto Dok. Diskominfo Jepara)

JEPARA – Sebanyak 53 Pegawai Negeri Sipil (PNS) calon purna tugas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jepara menerima SK (Surat Keputusan) pensiun. Penyerahan SK dilakukan secara simbolis oleh Plt. Bupati Dian kristiandi didampingi Sekertaris Daerah Edy Sujatmiko, Plt. Kepala BKD Abdul Syukur dan Pimpinan Bank Jateng Jepara, Kamis (1/8) dilaksanakan di ruang Sosrokartono, Setda Jepara.

Penerima SK pensiun adalah PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jepara yang memasuki masa purna tugas mulai 1 Agustus 2019.

Dian Kristiandi, menyampaikan rasa hormat kepada PNS yang memasuki masa pensiun atas pengabdiannya terhadap bangsa dan negara terutama pemerintah daerah. Sebagai salah satu bentuk penghormatan bagi para pensiunan, Andi menyerahkan langsung seluruh SK pensiun kepada mereka.

“Terima kasih kerjasama yang terjalin selama ini, semoga pensiun bukan menjadi akhir dalam melakukan sebuah pengabdian,” ujar dia.

Setelah mengabdi dengan masa kerja, antara 30 hingga 40 tahun, sudah waktunya para purna tugas mendedikasikan waktunya untuk keluarga. Selain itu para purna tugas diharapkan memberikan edukasi terhadap generasi selanjutnya agar lebih baik di masa yang akan datang.

“Walaupun dari sisi usia tidak produktif,diharapkan masih bisa menjalankan peran dalam kehidupan bermasyarakat. Selain itu kami juga berpesan kepada PNS purna tugas mengenai wiraswasta, agar nantinya melakukan kegiatan yang tidak berurusan dengan nyawa. (menghindari resiko bisnis),” tuturmya.

Bukan hanya menerima SK pensiun, para pensiunan PNS juga menerima beberapa hak pensiunan lainya. Diantaranya adalah kartu identitas pensiun, tabungan hari tua, uang pensiun pertama, serta tabungan perumahan. Kemudian, jika terdapat permasalahan segera melakukan klarifikasi dan melapor ke BKD. (DiskominfoJepara/Zaenal/Robert)