Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi memimpin rapat koordinasi Pengendalian Operasional Kegiatan (POK) APBD Kabupaten Jepara Tahun 2019, triwulan II pada Kamis (1/8), di Pendapa Kartini Jepara. (Foto Dok. Diskominfo Jepara)

JEPARA – Dengan tegas Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi meminta kepada pimpinan perangkat daerah untuk tidak segan turun ke lapangan mengecek langsung progres pembangunan yang dilaksanakan. Hal ini disampaikan Andi, dalam rapat koordinasi Pengendalian Operasional Kegiatan (POK) APBD Kabupaten Jepara Tahun 2019, triwulan II pada Kamis (1/8), di Pendapa Kartini Jepara. hadir Sekda Jepara Edy Sujatmiko, dan Asisten II Setda Jepara Mulyaji.

“Jangan sampai hanya mendengar laporan, apalagi “Asal Bapak Senang”, namun progres tidak tercapai. Pimpinan perangkat daerah wajib turun lapangan mengecek program yang mereka laksanakan,” kata Andi.

Dihadapan pimpinan perangkat daerah dan juga pejabat terkait, Andi meminta untuk tidak hanya menerima laporan saja, namun juga mengecek kondisi sebenarnya. Apalagi jangan sampai mereka tidak tahu, apa yang dilakukan oleh perangkatnya.

“Saya wajibkan bagi pimpinan perangkat daerah, sering turun ke bawah,” tegasnya.

Rakor POK ini jangan dijadikan sebagai rutinitas untuk mengisi kekosongan saja. Namun benar-benar untuk melakukan kajian-kajian dan evaluasi kinerja masing-masing perangkat daerah. “Apa yang menjadi kendalanya bisa disampaikan disini, kita cari solusinya, rumuskan bersama agar segera selesai,” katanya.

Andi mencontohkan misalnya berhubungan dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), untuk menjaga kelestarian lingkungan. Disana sudah ada sistem yang disiapkan seperti Si Angsa. Maka juga perlu berkomunikasi dengan pihak swasta, dan stakeholder terkait. “Jadi tidak asal mimpi, namun bisa diaplikasikan untuk percepatan kepada masyarakat,” katanya.

Andi juga menginstruksikan kepada Sekda, untuk mengadakan rapat tiap kantor/dinas, yang dinilai masih belum optimal kinerjanya. Bagi yang masih berada dibawah angka 30 persen capaiannya, harus dicermati dan dipacu lagi. “Saya percaya dalam sisa waktu enam bulan ini, mampu dilaksanakan,” kata dia.

Sementara dalam laporannya, Sekda Jepara Edy Sujatmiko mengatakan penyerapan anggaran sampai dengan bulan Juli ini masih berada di angka 32 persen. Dibandingkan tahun lalu di periode yang sama sudah mencapai 41 persen. Sedangkan progres fisik tahun ini sekitar 44 persen.

“OPD yang realisasi fisiknya diatas angka 50 persen yaitu Bagian Tata Pemerintahan, Bagian Perekonomian dan Bagian Organisasi Setda Jepara,” katanya. (DiskominfoJepara/Dian)