Sekretaris DPRD Kabupaten Jepara Trisno Santoso. [Foto Dok. Diskominfo Jepara]

JEPARA – Pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jepara periode 2019 – 2024 akan dilakukan Selasa, 13 Agustus 2019, di Tamansari. Rencana ini dikatakan Sekretaris DPRD Kabupaten Jepara Trisno Santoso di kantornya, Jumat pagi (2/8). Saat menyampaikan hal ini, Trisno baru selesai memimpin rapat koordinasi persiapan pelantikan dengan elemen terkait di ruang kerjanya.

Menurut Trisno, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan pelantikan berjalan sesuai rencana. Dari sisi legalitas, sudah diproses permohonan penerbitan surat keputusan (SK) pemberhentian anggota DPRD terdahulu dan pengangkatan anggota DPRD yang baru oleh gubernur.

“Jumat (26/7) lalu kami melakukan cek dengan KPU (Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jepara –red) dan bupati. Hasilnya kami kirim ke gubernur pada hari Senin (29/7),” katanya.

Selanjutnya, jelas Trisno, menjadi kewenangan Bagian Tata Pemerintahan Setda Jepara untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam memastikan terbitnya surat-surat keputusan dimaksud.

“Saya harap selambatnya Kamis (8/8) atau Jumat (9/8) sudah bisa kita terima agar pelantikan berjalan seperti rencana. Apalagi Pemilu di Jepara berlangsung normal dan tidak ada sengketa,” tambahnya.

Untuk mengamankan sidang paripurna pelantikan, dalam rapat tersebut, kata Trisno, pihaknya telah menyerahkan sepenuhnya kepada tiga unsur lembaga pengamanan, yakni Polres, Kodim, dan Satpol PP.

Calon anggota DPRD terpilih pun sudah diberi undangan serta bahan seragam yang akan dikenakan saat pelantikan. Demikian pula petunjuk teknis administrasi yang harus dilengkapi oleh masing-masing caleg terpilih. Satu hari sebelum pelantikan, akan dilakukan gladi bersih.

Sekretariat DPRD juga sudah menyampaikan surat kepada dua partai pemenang pertama dan kedua pileg di Jepara agar mengirimkam nama pimpinan sementara DPRD yang menjadi hak mereka.

“Namun baru PDI Perjuangan yang mengirim nama. Pimpinan sementara dari partai ini Pak Junarso. Sedangkan surat dari DPC PPP Kabupaten Jepara, sampai hari ini belum kami terima. Saya harap bisa segera dikirim karena merekalah yang akan memimpin sidang pelantikan,” lanjutnya.

Pelantikan ini akan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Jepara. Jika berhalangan, terang Trisno, bisa diwakilkan kepada hakim senior dari lembaga peradiklan tersebut. (DiskominfoJepara/Sulismanto)