Pementasan Tari di Festifal Kopi. (Foto Dok. Diskominfo Jepara)

JEPARA – Mengangkat potensi kopi di Kabupaten Jepara, Pemerintah Kecamatan Keling bekerjasama dengan pemerintah desa menggelar Festival Kopi Jepara 2019. Lomba cita rasa kopi pilihan dilaksanakan pada, Kamis (15/8) sore, di sub-Terminal Sambungoyot Kecamatan Keling. Kegiatan ini merupakan festival kopi pertama di Kabupaten Jepara.

Mewakili Pelaksana tugas (Plt.) Bupati Jepara Dian Kristiandi, Plt. Asisten III Setda Jepara Fadkurrozi membuka acara dengan didampingi Camat Keling Samiadji dan para kepala desa. Selain itu, hadir para pecinta kopi yang tersebar di Kota Ukir.

Ketua Panitia Kegiatan Natanael Hadisiswoyo mengatakan, kegiatan ini untuk merubah wajah ibukota kecamatan dengan kekuatan potensi unggulan, yaitu kopi yang saat ini banyak tersebar di wilayah Kecamatan Keling dan sekitarnya.

“Kami ingin mengangkat kopi dan makanan khas di Kecamatan Keling,” kata dia.

Camat Keling Samiadji mengatakan, festival kopi ini merupakan yang pertama di Kabupaten Jepara. Ia berharap festival ini bisa menjadi even tahunan di Kota Ukir. Bahkan, bisa dilombakan cita rasa kopi pilihan tingkat Jawa Tengah.

“Kalau ini bisa terealisasi, tentu akan banyak wisatawan yang datang ke Jepara, melihat dan mencicipi aneka rasa kopi Lereng Muria,” katanya.

Saat ini yang perlu dilakukan, kata Samiadji adalah menyamakan persepsi antara para petani kopi, pemilik kafe atau warung kopi, pegiat dan penikmat kopi untuk saling bersinergi memajukan perkopian di Jepara.

“Ini adalah waktu yang tepat untuk berinteraksi bagi mereka, untuk saling bekerjasama, mengangkat potensi kopi Lereng Muria,” katanya.

Plt. Asisten III Fadkurrozi mengatakan, kegiatan ini agar bisa terus dilestarikan. Pemkab Jepara terus memberikan dukungan agar produksi kopi ini akan terus berkembang. Ia berharap inovasi pengolahan kopi juga harus diperhatikan, tidak hanya dijual dalam bentuk kering namun sudah dijual dalam bentuk siap saji.

Dalam lomba cita rasa kopi tersebut, Juara pertama kopi pilihan diraih kopi Desa Dudakawu, Kecamatan Kembang. Kemudian untuk Juara II dan III masing-masing diraih kopi Desa Tempur dan Kecamatan Keling. (DiskominfoJepara/Dian)