Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi duduk bersama Forkopimda Jepara (Foto Dok. Diskominfo Jepara)

JEPARA – Panas terik matahari yang menyinari Alun-Alun Kota Jepara, Sabtu (17/8), tidak mengurangi semangat dan khidmatnya pelaksanaan Upacara Pengibaran Sang Saka Merah Putih, pada Peringatan Proklamasi Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Jepara Dian Kristiandi. Selain inspektur upacara, bertindak sebagai Komandan Upacara AKP Pandji Gedhe Prabawa, Perwira Upacara Kompol Parno, Komandan Kompi gabungan TNI/Polri serta pembaca UUD 1945 yaitu pimpinan sementara DPRD Jepara Muhammad Ibnu Hajar.

Peserta upacara yang terdiri dari berbagai unsur antara lain, Personil Kodim 0719/Jepara, Polres Jepara, Satpol PP dan Damkar, Aparatur Sipil negara (ASN) dan instansi pemerintah lainnya, tampak berbaris rapi dan tidak bergeming seolah tak merasakan teriknya matahari.

Setelah menerima bendera pusaka merah putih dari Plt. Bupati, petugas pembawa baki bendera dengan lancar tanpa hambatan mengantarkan sangsaka merah putih dari pengibaran bendera hingga bendera sampai di puncak tiang tertinggi.

Membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Andi mengajak kepada masyarakat memupuk kembali tekad kebersamaan, senasib dan sepenanggungan untuk menghadapi tantangan zaman. Dikatakan, perasaan senasib dan sepenanggungan ini telah menyatukan tanah air, dan Pancasila telah mendasari sebagai bangsa dan negara yang besar.

“Yakinlah kecemerlangan bangsa ini, takkan lama lagi. Indonesia akan Berjaya seribu windu lamanya, bahkan lebih,” kata dia.

Sejak dilahirkan Indonesia, mendapat berbagai tantangan persoalan berat, mulai seringnya bencana alam, korupsi, konflik sosial, gerakan sparatisme dan radikalisme. Belum lagi tantangan modernisasi yang bergerak seiring dentang jam. Jangan lagi ada niatan mengganti idiologi bangsa, jangan lagi ada ungkapan “Ah, kamu Batak, kamu irian, kamu Bugis, ah kamu Sunda, ah kamu Jawa” Jangan lagi ada. Perbincangan harus melompat jauh ke depan.

Mulai sekarang kerahkan segala daya dan upaya, tenaga serta pikiran, untuk masa depan cemerlang anak bangsa. “Kita rebut kembali kejayaan Majapahit, yang mampu ekspansi ke bagian bumi di Utara,” katanya. (DiskominfoJepara/Dian)