Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi menandatangani prasasti peresmian Kantor Cabang Pembantu (KCP) di Bangsri dan gedung baru Bank Jateng Pecangaan. (Foto Dok. Diskominfo Jepara)

JEPARA – Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Jepara Dian Kristiandi meresmikan relokasi Bank Jateng Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bangsri dan gedung baru Bank Jateng Pecangaan. Peresmian gedung baru ditandai dengan penandatanganan batu prasasti pada, Senin (19/8), di KCP Kecamatan Bangsri. Hadir pula Sekda Jepara Edy Sujatmiko dan para pejabat terkait.

Dalam laporannya Direktur Operasional dan Digital Banking Bank Jateng Rahadi Widayanto mengatakan Bank Jateng adalah Lembaga Keuangan yang sahamnya dimiliki oleh Pemprov Jateng, dan juga Pemkab Jepara. Untuk itu, hasil usaha yang diperoleh dikembalikan ssbagai Pendapatan Asli Daerah (PAD), baik berupa jasa giro maupun deviden yang selalu mengalami kenaikan.

Dikatakan modal Pemkab Jepara pada 2018 tercatat sebesar Rp18,500 miliar dengan penerimaan deviden sebesar Rp3,778 miliar. Sedangkan modal pada tahun 2019 direncanakan sebesar Rp18,5 miliar dengan deviden yang akan diterima sebesar Rp4,162 miliar.

“Mudah-mudahan akan sampai dan terealisasi target tersebut,” kata dia.

Dengan modal yang cukup banyak ini, bisa dimanfaatkan untuk ekspansi kredit yang cukup banyak dan juga menambah jaringan kantor ataupun layanan di beberapa daerah di Jawa Tengah maupun diluar Jateng.

Plt Bupati Dian Kriatiandi berharap jajaran direksi Bank Jateng juga mempertimbangkan untuk menambah jaringan kantor atau membuka kantor cabang baru di wilayah Kecamatan Karimunjawa. Hal ini dimaksudkan untuk memberi kemudahan kepada masyarakat Karimun untuk mengakses permodalan di Bank Jateng. Apalagi perkembangan wisata bahari Karimunjawa mulai bergeliat.

Andi juga berharap agar Bank Jateng, khususnya yang ada di Kabupaten Jepara untuk melakukan berbagai macam terobosan baru guna melayani dan memudahkan masyarakat dalam mengakses permodalan.

“Semoga selalu bersinergi, untuk memberikan kontribusi kepada daerah,” katanya.

Dengan hadirnya kantor baru di Kecamatan Bangsri dan Pecangaan ini, Andi berharap kualitas pelayanan juga ditingkatkan. Dengan begitu nasabah akan merasa nyaman dan lebih bersemangat dalam melayani masyarakat.

“Kembangkan sayap, berikan fasilitas kepada nasabah agar merasa aman dan nyaman,” katanya.

KCP Bangsri ini dimaksudkan guna memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Kecamatan Bangsri, Kembang, Keling, dan Donorojo. Sedangkan untuk KCP Pecangaan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kecamatan Pecangaan, Kedung dan Kalinyamatan.
Disana ada perajin tenun troso, monel, konveksi dan pabrik modern.

Dalam kesempatan itu, Andi juga menyerahkan hadiah undian Bank Jateng berupa satu unit mobil Expander, kepada Rofika Dewi, warga Desa Kaliaman, Kecamatan Kembang.

“Alhamdulilah kaget mas, seperti mimpi. Tidak menyangka dapat hadiah mobil dari Bank Jateng,” kata Rofika. (DiskominfoJepara/Dian)