BERJABAT TANGAN: Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi (kedua kiri) berjabat tangan dengan Komandan Kodim 0719/Jepara, Letkol Czi Fachrudi Hidayat dalam acara pisah sambut Komandan Kodim di Pendopo Kartini Jepara. (Foto Dok. Diskominfo Jepara)

JEPARA – Hampir genap dua tahun bertugas sebagai Komandan Kodim 0719/Jepara, Letkol Czi Fachrudi Hidayat pamitan. Kalimat perpisahan disampaikan Fachrudi bersama istri saat pisah sambut pada, Selasa (20/8) malam di Pendopo Kartini Jepara.

Hadir Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Jepara Dian Kristiandi, Kapolres Jepara AKBP Arif Budiman, jajaran Forum Pimpinan Kepada Daerah (Forkopimda) Jepara, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

“Pada kesempatan ini, saya mengenakan pakaian adat berbalut troso, sebagai kebanggan masyarakat Jepara. Ini sebagai bukti bahwa saya mencintai Jepara,” ungkap Fachrudi, disambut tepuk tangan tamu undangan.

Fachrudi menceritakan pertama kali menapakkan kaki dan bertugas di Bumi Kartini pada 7 Desember 2017 hingga Agustus 2018. Selama 21 bulan bertugas, tentu banyak kenangan manis yang terukir bersama.

“Salah satu yang tidak akan saya lupakan yaitu, Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Jepara, yang sama persis dengan ulang tahun saya. Sehingga setiap tanggal 10 April, ulang tahun saya dirayakan seluruh masyarakat Jepara, kata dia.

Selama bertugas di Jepara, ia juga memohon maaf kepada masyarakat dan jajarannya apabila ada yang kurang berkenan. Setelah dari Jepara, ia akan pindah tugas di Markas Besar TNI Angkatan Darat, Jakarta. Sebagai persembahan terakhir, ia juga menyanyikan sebuah lagu Koes Plus berjudul Kembali ke Jakarta.

“Marilah kita berdo’a bersama, agar Jepara semakin sejahtera dan menjadi barometer baru di Jawa Tengah dan Indonesia,” katanya

Sebagai penggantinya, Kodim 0719/Jepara akan dipimpin Letkol Arm Suharyanto, S.Sos. Sebelumnya ia bertugas di Manokwari, Provinsi Papua Barat. Ia juga pernah bertugas di Jember, Cimahi, Malang dan Jayapura.

“Baru kali ini saya disambut dengan meriah. Kami berharap bisa diterima seluruh masyarakat Jepara dan memberikan manfaat,” kata dia.

Sementara Plt. Bupati Dian Kristiandi mengatakan, dengan hadirnya berbagai tokoh masyarakat mulai dari tokoh agama, pemuda, perusahaan asing, hingga organisasi kemasyarakatan membuktikan kecintaan dan suportnya kepada Fachrudi, karena komunikasinya yang baik.

“Sebenarnya kami merasa kehilangan, selama di Jepara sangat luar biasa kerjasamanya menjaga kondusifitas daerah. Banyak pengalaman dan kenangan yang tak akan terlupakan bersama dandim,” katanya.

Andi juga berjanji, akan mewujudkan harapan Fachrudi untuk membangun Markas Kodim 0719/Jepara agar lebih representatif. “Mudah-mudahan seperti harapan sahabat saya, tahun 2020, Kantor Kodim Jepara sudah selesai dibangun,” katanya. (DiskominfoJepara/Dian)