Senam bersama. (Foto Dok. Diskominfo Jepara)

JEPARA – Festival kebugaran dan olahraga rekreatif di Pantai Bandengan, pada, Jumat (23/8) sore berlangsung meriah. Tidak hanya diikuti oleh ratusan peserta zumba party, juga ditampilkan demonstrasi Tim Nasional Bola Tangan Pantai, lomba triathlion hingga perform jetsky.

Kegiatan yang dihadiri langsung perwakilan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI itu diawali dengan zumba yang berlanjut dengan zumba party. Beberapa instruktur populer didatangkan. Tak hanya dari Jepara, ada pula instruktur populer yang didatangkan dari Kabupaten Kendal.

Setelahnya, warga yang memenuhi Pantai Bandengan menyaksikan aksi atlet triatlon Kodim 0719 Jepara. Sekitar 10 atlet itu berenang sejauh 700 meter, bersepeda serta lari.

Warga yang hadir di festival kebugaran itu kemudian disuguhi dengan penampilan para atlet Nasional bola tangan pantai, yang saat ini sedang menjalani pemusatan latihan di Jepara.

Dalam sambutannya Kemenpora yang diwakili Edi Nurinda mengatakan, kegiatan festival kebugaran ini untuk menggerakkan kebiasaan olahraga kepada masyarakat baik di kota maupun di desa.

“Harus membudayakan olahraga, kapan dan dimana saja. Bisa dirumah, di pantai, didalam gedung atau dimanapun,” katanya.

Festival kebugaran juga untuk menyambut Sumber Daya Manusia (SDM), dimasa yang akan datang. Masyarakat harus bergerak terus untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Mewakili Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Jepara Dian Kristiandi, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Agus Tri Harjono mengapresiasi kegiatan ini. Kedepan, Festival kebugaran bisa dikemas lebih menarik, dan melibatkan lebih banyak lagi masyarakat untuk bisa bergabung dan berolahraga.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun semangat berolahraga ditengah-tengah masyarakat. Karena itu, dalam kegiatan ini ada berbagai olahraga yang ditampilkan untuk bisa diikuti masyarakat Kota Ukir. Agus melanjutkan, masyarakat diharapkan melakukan gerakan olahraga sebagai budaya dan gaya hidup. “Olahraga apa saja dan di mana saja,” kata dia.

Pada kesempatan sore itu, para peserta juga dihibur oleh bintang tamu, Yeni Valencia dan Ninda artis Jepara yang pernah berlaga di Liga Dangdut Indonesia mewakili Jawa Tengah.

Peserta festival kebugaran adalah komunitas senam aerobik di Jepara, baik dari masyarakat maupun dinas instansi serta PKK desa dan kecamatan se-Kabupaten Jepara. (DiskominfoJepara/Dian)