Duta Wisata 2019. (Foto Dok. Diskominfo Jepara)

JEPARA – Babak paling akhir pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Jepara Tahun 2019 baru saja digelar, pada Selasa (27/8) di Pendopo Kartini Jepara. Ajang tahunan tersebut selalu sukses menyedot perhatian para generasi muda di Kabupaten Jepara. Untuk ikut berpartisipasi dalam melestarikan budaya dan pariwisata di Kota Ukir.

Tampak hadir pada acara tersebut, Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi, beserta Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Jepara Hesti Nugroho, Forkoimpda Jepara, para pemangku kepentingan, dan duta wisata di wilayah Kabupaten Pati, Kudus, Demak, Jepara, Rembang dan Blora (Pakudjembara).

Pada pendaftaran awal ada 130 peserta, lalu terpilih 30 peserta yang sudah diseleksi melalui beberapa tahapan. Demikian disampaikan Plt. Kepala Disparbud Kabupaten Jepara Zamroni Lestiaza, saat menyampaikan laporan panitia. “Jumlah pendaftar 130 orang, yang memenuhi persyaratan 110 orang, dan yang mengikuti pendaftaran ulang 75 peserta. Kemudian diseleksi dalam tahap wawancara menjadi 30 finalis (15 pasang),” urai dia.

Para Peserta ini pun, disampaikannya datang dari sejumlah latar belakang pendidikan, yakni SMA sederajat dan universitas atau kategori umum. “Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Jepara dikatakannya, memiliki peran dan fungsi yang penting untuk memajukan pariwisata di Bumi Kartini.

Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi menyampaikan, selain mengapresiasi ajang tahunan ini dia juga mengaku, bahwa ajang tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian Pemkab Jepara. Yaitu memberikan kesempatan generasi muda untuk menggapai cita-citanya menjadi duta wisata Kabupaten Jepara.

Acara dibuka dengan seremoni pemukulan gong oleh Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi beserta Forkopimda Jepara, dan didampingi Plt. Kepala Disparbud Kabupaten Jepara. Selain itu, para finalis pun sebelumnya telah menunjukkan kepiawaiannya menari tari-tarian tradisional. Dengan mengenakan pakaian adat Jepara, mereka juga melakukan parade pentas peraga sambil memberi salam kepada tamu undangan dan penonton.

Pada malam babak paling akhir, para finalis harus melewati tahapan terakhir sebelum meraih gelar Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Jepara Tahun 2019. Mereka dipersilahkan untuk menjawab pertanyaan yang sudah disusun oleh panitia, dan mendapat penilaian langsung dari dewan juri.

Tiba saatnya penentuan finalis yang menjadi pemenang, dalam Mas dan Mbak Duta Wisata (Duwis) Kabupaten Jepara Tahun 2019. Sebelum menentukan pemenangnya para juri melakukan rapat tertutup di teras rumah dinas Sekda Jepara, Selasa (27/8). Pada saat menunggu keputusan dewan juri, para suporter dan penonton yang memenuhi Pendopo Kartini Jepara dihibur, dengan penampilan musik nuansa bossa nova.

Tiba saatnya penentuan pemenang, di sesi ini suasana berubah sangat menegangkan. Hal ini terlihat dari raut wajah para finalis, suporter, dan penonton juga terlihat tegang. Untuk yang mendapatkan nominasi juara dalam “Grand Final Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Jepara Tahun 2019”, ada nominasi kategori penampilan terbaik yaitu Asep Siswanto dan Pamela Nawal Iman Fadhila. Lalu juara favorit yakni Mirza Aulia Fajrur Ramadhama dan Febriana Jamilatul Mila.

Selanjutnya, untuk juara harapan III diraih oleh Muhammad Khoirul Anam dan Laily Amalia Firdausi. Juara harapan II oleh Indra Sakti Pangestu dan Putri Rizky Noor Lestari. Lalu juara harapan I diraih oleh Muhammad Rafi Maulana Abdi dan Ikka Christine Febbyani. Kemudian untuk juara III diraih oleh Moch Lafran Riyan Saddad dan Veny Afiana. Juara II oleh Ahmad Burhanudin dan Aileen Angdy Yatma.

Saat paling menegangkan adalah pengumuman juara pertama Mas dan Mbak Duwis Kabupaten Jepara. Khusus untuk finalis yang menjadi juara I, penentuan bukan diumumkan pembawa acara. Seperti pada penentuan juara-juara sebelumnya, melainkan ditunjukkan dengan penyematan selendang, oleh pasangan juara I Duwis Kabupaten Jepara tahun lalu. Akhirnya, Mas dan Mbak Duwis Kabupaten Jepara 2019 yang terpilih. Yaitu Brian Priyangga dan Yuliana Kristianingrum.

Ditemui usai acara tersebut. Dian Kristiandi mengatakan, terpilihnya Mas dan mbak Duta Wisata Kabupaten Jepara tahun 2019 ini, merupakan awal langkah para generasi muda untuk melestarikan, dan ikut mengembangkan potensi-potensi yang ada di Jepara. Baik itu potensi wisata, budaya, hingga kuliner yang ada di Kabupaten Jepara. (DiskominfoJepara/AchPr)