Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi memberikan sambutan. (Foto Dok. Diskominfo Jepara)

JEPARA – Dua orang balita, Adrea Shalomita Hutama dan Gracia Jenica Diah Kristanto mewakili Kabupaten Jepara untuk lomba balita sehat tingkat Provinsi Jawa Tengah. Terkait hal tersebut, Rabu (28/8), Tim Evaluasi Balita Sehat Provinsi Jateng datang dan melihat langsung keseharian dua bocah tersebut.

Rombongan evaluasi tim penilai balita sehat dipimpin Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Dr. Wahyu Setyaningsih.

Rombongan diterima Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Dian Kristiandi di Gedung Shima Jepara. Dalam sambutannya Andi mengucapkan selamat datang di Jepara.

“Mudah-mudahan kedatangan rombongan dari Semarang dapat memacu kinerja dalam bidang kesehatan,” kata dia.

Dikatakan Andi, masa lima tahun pertama kehidupan anak, merupakan masa yang sangat peka terhadap lingkungan dan masa ini berlangsung sangat pendek yang merupakan masa keemasan (golden period), jendela kesempatan (window opportunity) dan masa kritis (critical period).

Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, tahun 2019 jumlah ibu hamil (Bumil) di Jepara mencapai 21.711 orang. Sedangkan jumlah sasaran bayi dan usia 0-1 tahun sebanyak 19.735 bayi dan jumlah sasaran balita usia 1-5 tahun sebanyak 76.738 balita.

Kegiatan ini bukan hanya sekedar memperoleh balita dan bayi juara, tetapi bagaimana menghadapi masalah stunting yang menjadi isu nasional yang perlu dicarikan solusi bersama.

Jepara sejak tahun 2011 sampai 2017, dalam Evaluasi Balita Sehat Tingkat Provinsi Jawa Tengah telah berhasil menorehkan setidaknya 11 prestasi.

Mereka juga bertolak menuju Kelurahan Panggang dan Desa Bawu Kecamatan Batealit didampingi dari Dinas Kesehatan Kabupaten untuk bertemu keluarga dan pendamping kesehatan desa untuk melakukan penilaian. (DiskominfoJepara/Sulistyono)