unisnu-jepara
Mahasiswa baru Unisnu Jepara memainkan Kitiran (Mainan kincir angin tradisional). (Foto Dok. Diskominfo Jepara)

JEPARA – Ratusan mahasiswa baru Universitas Islam Nahdlatul Ulama (NU) Jepara memainkan kitiran (kincir angin) tradisional secara bersama-sama dalam rangka pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019, Selasa (3/9) pagi, di Lapangan Basket Unisnu Jepara.

Usai penyematan Id card oleh Rektor Unisnu Sa’dullah Assaidi, disambut dengan pemutaran kitiran serentak oleh para mahasiswa baru. Selain itu juga disambut dengan Tari Kreasi Nusantara.

Rektor Unisnu, Sa’dullah Assaidi mengucapkan selamat kepada para mahasiswa baru. Ia juga mengajak kepada para mahasiswa untuk segera beradaptasi dan mengenal dunia dan lingkungan kampus.

“Segeralah beradaptasi, cari tahu sebanyak-banyaknya informasi di dalam kampus melalui PKKMB ini,” kata dia.

Ditanya mengapa kitiran yang digunakan dalam upacara pembukaan, Ketua Panitia PKKMB 2019 Nafis Jalaludin mengatakan, konsep kali ini ingin mengembalikan permainan tradisional yang saat ini tergerus perkembangan zaman. Banyak dari kelompok milenial sudah tidak mengenal lagi beragam permainan tradisional.

“Mereka lebih kenal gawai, daripada aneka permainan kitiran, egrang batok dan lain-lain,” kata dia.

Selain kitiran, para mahasiswa juga diberi penugasan untuk membawa egrang batok. Didalam permainan ini juga mengandung nilai filosofis diantaranya, kerja sama, keberanian, strategi dan kolaborasi yang akan berguna bagi mahasiswa baru dalam menyongsong industri 4.0.

“Selaras dengan tema Membentuk Karakter Mahasiswa Revolusioner, mereka juga jangan sampai melupakan permainan ini,” kata dia.

Kegiatan PKKMB 2019, diikuti 1.489 mahasiswa. Kegiatan dibagi menjadi dua rangkaian. Untuk reguler satu sebanyak 884 mahasiswa dilaksanakan pada Selasa hingga Sabtu (3-7/9). Sedangkan reguler dua, sebanyak 605 mahasiswa dilaksanakan pada Ahad, (8/9) di fakultas masing-masing.

Adapun beberapa materi yang disampaikan diantaranya talk show industri 4.0, materi kebangsaan, motifasi keorganisasian, Expo UKM, malam inagurasi, PKKMB’s Award serta donasi buku dan mainan tradisional. (DiskominfoJepara/Dian)