Puluhan santri dan santriwati dilepas oleh Staff Ahli Bupati Fathurrahman didampingi Kabag Kesra Setda Jepara Suhendro dan Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementrian Agama Kabupaten Jepara Sudirmanto, di Pendapa Kartini Jepara.

JEPARA – Puluhan santri Roudlotul Mubtadiin Balekambang, Nalumsari siap, berlaga mewakili Kabupaten Jepara dalam ajang Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Daerah (Pospeda) Jawa Tengah 2019, yang akan dilaksanakan di Ponpes Dar Alquran Al Islamy Lebaksiu, Kabupaten Tegal.

Puluhan santri dan santriwati dilepas oleh Staff Ahli Bupati Fathurrahman didampingi Kabag Kesra Setda Jepara Suhendro dan Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementrian Agama Kabupaten Jepara Sudirmanto, pada Kamis (12/9), di Pendapa Kartini Jepara.

Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementrian Agama Kabupaten Jepara Sudirmanto mengatakan, Pospeda Jateng 2019 dilaksanakan mulai Jumat sampai Minggu, (13-15/9), di Kabupaten Tegal.

“Kegiatan ini dilaksanakan tiga tahun sekali, yang sebelumnya tahun 2016 di Kabupaten Demak,” katanya.

Kegiatan Pospeda diikuti para santri, yang mewakili kabupaten/kota masing-masing di Jawa Tengah. Tahun ini, Kabupaten Jepara megirimkan 44 rombongan. Terdiri dari 38 peserta, 2 oficial (pelatih) dan 4 panitia pendukung.

“Ini sebagai upaya membangun sumber daya manusia di pesantren yang sehat jasmani dan rohani,” katanya.

Disampaikan ada delapan cabang yang akan dilombakan yaitu, seni kaligrafi, lomba pidato tiga bahasa, seni lukis islami, seni kriya, seni hadrah, cipta dan baca puisi serta stand up comedy.

“Untuk lomba seni hadrah/rebana juga diikuti santri Ponpes Amtsilati Bangsri,” katanya.

Mewakili Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Jepara Dian Kristiandi, Staff Ahli Bupati Fathurrahman mengharaokan kepada para peserta untuk tetap bersemangat membawa nama Jepara. Jaga selalu kekompakan dan kesetiakawanan selama berada di Tegal.

“Jangan sampai minder dulu, tetap percaya diri untuk meraih prestasi yang terbaik,” katanya.

Salah satu peserta Adista, merasa senang kali ini dapat mewakili Kabupaten Jepara. Ia bersama sepuluh peserta lainnya, siap untuk memberikan penampilan terbaik untuk kategori lomba hadrah. “Mohon doa semoga mampu menjadi yang terbaik,” katanya. (DiskominfoJepara/Dian)