Malam pengesahan warga tingkat I

JEPARA – Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Jepara mengadakan malam pengesahan warga tingkat I, pada Jumat (13/19) malam. Acara di Gedung Wanita, Jepara ini dihadiri anggota Majelis Luhur PSHT Dayat, Disdikpora Jepara Suprayitno dan sejumlah pejabat terkait.

Ketua PSHT Cabang Jepara Ahmad Zainuri melaporkan, jumlah peserta tahun ini mencapai 85 siswa calon warga dari Jepara dan 15 siswa dari Kudus.

“Wisuda atau pengesahan warga PSHT tingkat I ini secara rutin diadakan setiap satu tahun sekali,” katanya.

PSHT sendiri lahir pada tahun 1922 di madiun. Saat ini memiliki 250 cabang di kabupaten seluruh Indonesia. Sedangkan perguruan tinggi/komesariat ada sekitar 59. PSHT juga memiliki cabang sampai di luar negeri dengan jumlah 10 Nahera.

Tujaun dari PSHT sendiri adalah untuk mendidik manusia khususnya para anggota agar berbudi luhur, tahu benar dan salah, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta ikut memayu hayuning bawana, yang merupakan filosofi atau nilai luhur tentang kehidupan dari masyarakat kebudayaan Jawa. Dalam Bahasa Indonesia diartikan menjadi memperindah keindahan dunia.

Orang Jawa memandang konsep ini tidak hanya sekadar filosofi, namu juga budi pekerti yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. (DiskominfoJepara/Umar/Dima)