Upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2019 di halaman Kantor Setda Jepara. (Foto Dok. Diskominfo Jepara)

JEPARA – Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Jepara Dian Kristiandi mengajak kepada insan perhubungan untuk membangun sistem transportasi yang efektif, efisien, nyaman dan aman di Kabupaten Jepara. Hal ini disampaikannya saat memimpin upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2019, Selasa (17/9) pagi, di halaman Kantor Setda Jepara.

“Maknai Harhubnas sebagai momentum untuk merenungkan kinerja kita, dan berbagai peristiwa di sektor perhubungan,” kata dia.

Andi mengajak untuk menyamakan persepsi, dan tekad untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sesuai tema “Merajut Nusantara Membangun Bangsa, Bakti Nyata Insan Perhubungan Untuk Indonesia Unggul Indonesia Maju”, dan secara bersama-sama membangun konektibilitas untuk mewujudkan transportasi yang berkeselamatan bagi masyarakat.

“Keberhasilan pembangunan juga dipengaruhi peranan transportasi sebagai urat nadi ekonomi, pertahanan dan keamanan,” katanya.

Untuk itu, Sumber Daya Perhubungan (SDM), perhubungan dituntut memperkuat komitmen dan dedikasi untuk bekerja keras yang nyata di bidang transportasi. Karena merupakan bagian untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Terkait kondisi pembangunan perhubungan di Kota Ukir sudah cukup baik. Kondisi tersebut dapat dilihat dari persentase sarana dan prasarana perhubungan yang sudah mencapai 98 persen (2018). Sedangkan persentase fasilitasi perlengkapan jalan dalam kondisi baik yang pada tahun 2017 sebesar 75 persen meningkat menjadi 86 persen (2018).

Selain itu, sepanjang tahun 2018 banyak penghargaan bidang perhubungan dsn transportasi yang sudah diterima. Seperti penghargaan Indonesia Road Safety Award (IRSA) Tahun 2018 dan Wahana Tata Nugraha (WTN) Tahun 2019.

Selain penghargaan WTN, dalam upacara tersebut juga diserahkan Surat Pas Kecil atau surat tanda kebangsaan kapal berbendera Indonesia sebagai bukti kepemilikan kapal yang sah dibawah 7 Gross ton dan sertifikat Basic Safety Training (BST) atau pelatihan tata cara mengatasi kecelakaan kapal. (DiskominfoJepara/Dian)