Penyerahan replika kunci sepeda motor. [Foto Dok. Diskominfo Jepara]

JEPARA – Banyak cara dilakukan Pemkab Jepara untuk meningkatkan kesadaran warga, membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tepat waktu. Salah satunya dengan undian berhadiah, seperti yang telah dilakukan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Kegiatan pengundian tersebut dilaksanakan, Rabu (18/9) di Ruang RMP Sosrokartono, Setda Jepara.

Turut hadiri pada pengundian tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Jepara Mulyaji, Pelaksana tugas (Plt.) Asisten Administrasi Sekda Jepara Fatkhurrozi, Sekretaris BPKAD Kabupaten Jepara Subiyanto, dan perwakilan Bank Jateng cabang Jepara. Peserta pengundian terdiri dari 16 kecamatan.

Mulyaji yang mewakili Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi mengatakan, pengambilan undian tersebut sebagai apresiasi kepada warga taat pajak. Serta memotivasi warga lain yang belum membayar pajak, sehingga ke depan mereka membayar pajak sebelum jatuh tempo. Karena pajak yang dikeluarkan masyarakat untuk pembangunan Kabupaten Jepara.

“Selain pemberian “reward” yang menjadikan “support”, PBB-P2 pada prinsipnya dana yang sangat dibutuhkan oleh pemerintah daerah dalam pembangunan wilayah,” ujar Lilik, sapaan karib Mulyaji.

Untuk itu Lilik menekankan kepada seluruh pihak terkait, lebih khusus para camat dan petinggi agar lebih maksimal memacu ketaatan wajib pajak.

Sementara, dalam acara siang itu Pemkab Jepara telah menyiapkan sejumah hadiah. Di antaranya satu unit sepeda motor, dan 16 unit televisi LED 32 inci. Hadiah tersebut diberikan kepada warga yang beruntung, dan telah membayar pajak sebelum jatuh tempo.

“Yang berkesempatan ikut undian adalah warga atau wajib pajak yang telah lunas PBB-P2 per 15 Agustus 2019,” kata Subiyanto, ditemui usai acara Gebyar Undian PBB-P2 Tahun 2019.

Ia mencatat hingga jatuh tempo (15 Agustus 2019), sudah ada sedikitnya 118 dari 195 desa dan kelurahan yang telah lunas PBB-P2, dan hanya Kecamatan Kembang satu-satunya kecamatan yang seluruh desanya lunas PBB-P2. Selanjutnya per 16 September 2019, naik menjadi 131 desa dan kelurahan. Pada periode itu Kecamatan Pakisaji jadi kecamatan kedua yang sudah lunas PBB-P2 100 persen. Dari jumlah tersebut, penerimaan pajak dari sektor PBB-P2 yang terhimpun mencapai Rp26,4 miliar, atau sekitar 73,3 persen dari target sepanjang tahun ini yang sebesar Rp36 miliar.

Mashadi asal Desa Bangsri, Kecamatan Bangsri, adalah wajib pajak yang beruntung mendapatkan hadiah utama (sepeda motor) Gebyar Undian PBB-P2 Tahun 2019. Sedangkan wajib pajak yang mendapat TV LED, yakni Dewi Suryani dari Desa Papasan Bangsri, Aminah dari Desa Raguklampitan Batealit, Kusen Masri dari Desa Sumberrejo Donorojo, Suroto dari Kelurahan Panggang Jepara, Puji Rahayu dari Desa Robayan Kalinyamatan, Eny Yuliati dari Desa Kemojan Karimunjawa, dan Tarni dari Desa Karangaji Kedung.

Selanjutnya, Busaeri dari Desa Klepu keling, Nurhayari dari Desa Dudakawu Kembang, Sundari Karminah dari Desa Mayonglor Mayong, Wiwik Sunoto B Manto dari Desa Sekuro Mlonggo, Raman B Kasbin dari Desa Bategede Nalumsari, Dasri dari Desa Kawak Pakisaji, Siti Nafriah dari Desa Pecangaanwetan Pecangaan, Jupri dari Desa Sukodono Tahunan, dan Mashud Mahmudah dari Desa Brantaksekarjati Welahan. (DiskominfoJepara/AchPr)