Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi menyerahkan sertifikat kepada warga. (Foto Dok. Diskominfo Jepara)

JEPARA – Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jepara sudah tercapai 95 persen. Ditargetkan bulan Oktober, PTSL tuntas di Kota Ukir.

Hal ini disampaikan Kepala BPN Jepara Mujiono, usai Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) di Kantor Pertanahan Kabupaten Jepara, pada Selasa (24/9) pagi. Dalam kesempatan itu, Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Jepara Dian Kristiandi menjadi Inspektur Upacara (Irup) Hantaru 2019.

Program PTSL ini, sesuai arahan Presiden Joko Widodo melalui Instruksi Presiden Nomor 02 Tahun 2018 tentang Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Dikatakan Mujiono, untuk di Kabupaten Jepara dari target yang ditentukan oleh pemerintah sebanyak 72.500 sertifikat sudah terealisasi hingga 95 persen. Ditargetkan bulan Oktober semuanya sudah terealisasikan. “Untuk target Provinsi Jawa Tengah sebanyak 1,7 Juta sertifikat dan 9 Juta sertifikat untuk tingkat nasional,” katanya.

Untuk waktu yang tersisa ini, sekitar dua Minggu pihaknya akan terus menggeber pelaksanan program ini. Baik melalui sosialisasi kepada pemerintah desa maupun kepada masyarakat secara langsung.

“Siang-malam petugas kami lembur. Bahkan untuk Sabtu daan Minggu ada yang masuk Untuk melaksanakan program presiden,” katanya.

Tidak hanya itu, mulai sekarang BPN Jepara juga sudah mempersiapkan diri untuk PTSL tahun 2020. Tahun depan ditarget 50 ribu sertifikat PTSL di Kabupaten Jepara. “Kendalanya di lapangan, kesadaran masyarakat masih rendah. Perlu sosialisasi aktif,” katanya.

Sementara, Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi berharap BPN Jepara tetap bersemangat untuk mencapai target PTSL ini. Sesuai dengan tema “ATR/BPN Menuju Penataan Ruang dan Pelayanan Pertanahan yang Berkapasitas Hukum dan Modern”, diharapkan menjadi pengingat dan penyemangat dalam peningkatan kualitas pelayanan pertanahan dan tata ruang secara modern dan menjamin kepastian hukum.

“Terimakasih atas kerja kerasnya sehingga dapat mencapai target program strategis nasional terutama PTSL. Selain itu, reforma Argaria, percepatan tata ruang juga mengalami kemajuan yang cukup menggembirakan,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, Plt. Bupati Jepara juga menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah dan PTSL kepada sejumlah warga di Kabupaten Jepara. “Pelayanan cepat dan transparan harus menjadi pegangan kita bersama,” kata dia. (DiskominfoJepara/Dian)