Hadiah Mobil diserahkan Plt. Bupati kepada perwakilan di Kecamatan Keling, untuk selanjutnya diberikan kepada pemenang. (Foto Dok. Diskominfo Jepara)

JEPARA – Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Jepara Dian Kristiandi menyerahkan hadiah satu unit mobil kepada pemenang undian Tamades PD. BPR BKK Jepara. Pengundian dilakukan langsung oleh Plt. Bupati Jepara dengan didampingi Direktur Utama PD BPR BKK Jepara Basri, Rabu (25/9) pagi.

Kali ini yang beruntung mendapatkan satu unit mobil avanza warna hitam yaitu, Dariyun warga RT 08 RW 04, Desa Tulakan, Kecamatan Keling. Hadiah selanjutnya diserahkan Plt. Bupati kepada perwakilan di Kecamatan Keling, untuk selanjutnya diberikan kepada pemenang.

Adapun empat hadiah pertama berupa motor Honda Beat diperoleh Suyatik dari Kantor Pusat, Pemerintah Desa Mulyoharjo dari kantor pusat, Muji dari Cabang Batealit, serta Dewi Ratna sari dari Cabang Mayong.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PD. BPR BKK Jepara Basri mengatakan, hadiah ini merupakan apresiasi dan penghargaan bagi nasabah tabungan Tamades dan deposito. Selain itu sebagai rangsangan kepada masarakat agar gemar menabung serta peningkatan program literasi dan inklusi keuangan. Menurutnya, kegiatan undian ini diberikan setiap tahun. Adapun hadiah utama pada tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

”Tahun lalu hadiah utamanya adalah Toyta Calya, sekarang jadi Toyota Avanza,” terangnya.

Menurutnya Tamades merupakan produk tabungan unggulan BPR BKK untuk menghimpun dana masyarakat. Tamades mempunyai karakteristik yang unik, yaitu pembukaan rekening awal hanya Rp25.000, dapat diambil setiap saat, bebas biaya administrasi, bebas pajak sampai dengan Rp7,5 juta, dijamin oleh lembaga penjamin simpanan (LPS).

“Kami juga melakukan pelayanan antar jemput uang tabungan kepada nasabah,” katanya..

Basri menghimbau kepada masayarakat agar tidak ragu dengan menabung di BPR BKK Jepara. Karena selain dijamin oleh LPS, BPR BKK Jepara juga memperoleh sejumlah penghargaan, di antaranya adalah Top 100 BPR dari The Finane peringkat bintang lima dengan kategori aset Rp 100 miliar ke atas yang tumbuh pesat selama tiga tahun, BPR Award dari Infobank dengan Kinerja keuangan sangat bagus tahun 2018, Golden Award dari Infobank kategori kinerja keuangan sangat bagus 2014-2018, serta BUMD terbaik dari The Asian Post.

Kepala Biro Perekonomian Provinsi Jawa Tengah Ign Indra Surya menyampaikan, BPR BKK terus didorong untuk menciptakan produk-produk unggulan agar mampu mengembangkan para pelaku usaha kecil di Kabupaten Jepara. PD BPR BKK Jepara dapat membidik usaha pariwisata masyarakat Jepara sebagai nasabah kredit agar pelaku usaha pariwisata bisa berkembang.

”Dengan penyertaan modal dari BKK, akan memberikan dorongan untuk peningkatan perekonomian masyarakat secara luas,” bebernya.

Sementara Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi meminta BPR BKK meningkat pelayanan, terutama untuk usaha mikro di pasar-pasar tradisional. Bank milik pemerintah diminta pro aktif masuk ke pasar tradisonal dan melayani para pelaku usaha di dalamnya. ”Jangan sampai yang masuk malah ”bank titil” yang bunganya mencekik pelaku usaha. Sudah saatnya bank daerah masuk ke pasar-pasar,” katanya.

Andi juga mengapresiasi kinerja PD BPR BKK Jepara yang saat ini sudah mampu menembus 16 ribu rekening nasabah. Itu artinya, kepercayaan masyarakat semakin kuat untuk menyimpan sebagian uang mereka di BPR BKK Jepara. “Ini akan menjadi semangat, agar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) menjadi agen pembaharuan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Andi juga menyerahkan sejumlah bantuan bedah rumah kepada masyarakat kurang mampu, bantuan untuk penyandang disabilitas, bantuan untuk anak yatim, serta bantuan untuk pensiunan keluarga PD BPR BKK Jepara. (DiskominfoJepara/Dian)