Garuda Karate National Championship 2019 di Gedung Wanita (Foto Dok. Diskominfo Jepara)

JEPARA – Semakin banyak atlet muda berprestasi maka olahraga Indonesia akan semakin maju, atas dasar itulah “Garuda Karate National Championship 2019” diselenggarakan. Kejuaraan karate tersebut resmi dibuka Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) Sekda Jepara Mulyaji, di Gedung Wanita Jepara pada Jumat (4/10/2019).

Berlangsung selama tiga hari berturut-turut, Garuda Karate National Championship (GKNC) 2019 diikuti sebanyak 561 atlet, yang berasal dari berbagi daerah di Indonesia. Ratusan atlet ini dibagi ke dalam 12 kelas pertandingan yang tersebar untuk beberapa level usia, baik peserta putra maupun putri.

Ketua Panitia GKNC-2019 Luluk Agus Yulianto, mengatakan kejuaraan karate ini bersifat terbuka, mulai dari siswa sekolah, murid dojo, wakil klub, termasuk peserta ranting di seluruh Indonesia. Tujuannya selain sebagai ajang silaturahmi karateka se-nusantara, juga untuk pembinaan atlet muda agar siap mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

“Untuk pembinaan karakter pelajar di indonesia sehingga membentuk karakter yang berintegritas, tangguh, rendah hati, dan berpretasi,” tutur Luluk, yang juga pengurus Pengkab Forki Jepara.

Dengan total hadiah Rp40 juta, kejuaraan berskala nasional ini mengusung tema “Competition and Trip Karimunjawa”. Dengan tema tersebut, pantia juga siap menfasilitasi peserta untuk menikmati liburan ke destinasi wisata Kepulauan karimunjawa/Jepara.

“Setelah menjalani tegangnya pertandingan, peserta bisa merasakan serunya perjalanan ke Pulau Karimunjawa, yang menawarkan wisata pantai dan alam bawah laut,” imbuh dia.

Sementara itu, Asisten II Sekda Jepara Mulyaji yang mewakili Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada panitia, serta semua pihak yang terlibat dalam GKNC-2019. Melalui kejurnas diharapkan dapat terjaring atlet-atlet muda karate yang memiliki potensi bagus. Sekaligus menambah jam terbang serta pengalaman bagi mereka. Terlebih lagi, kejurnas ini juga bertujuan mempromosikan pariwisata di Kabupaten Jepara. (DiskominfoJepara/AchPr)