Pertemuan rutin bersama dan Opening B_Sahabat angkatan ke 6 di Aula Perpustakaan Daerah Kabupaten Jepara. (Foto Dok. Diskominfo Jepara)

JEPARAEntrepreneur, apabila medengar kalimat tersebut, mungkin yang dipikiran kita ialah seseorang yang mempunyai bakat dalam mengenali suatu produk, memasarkannya, mencari kesempatan bisnis. Menjadi seorang Entrepreneurship sekarang ini memiliki daya tarik, apalagi di kalangan anak muda dan ibu rumah tangga.

Untuk dikalangan ibu rumah tangga, menjadi seorang entreprenuer bisa dijadikan kesempatan untuk belajar mandiri sekaligus bisa membantu ekonomi dari suami mereka.
karena itu yang membuat Ratih Tahiyatur membuat sebuah komunitas yang diberi nama Berani Usaha Hebat (B_Sahabat).

Ratih membuat komunitas tersebut bermula dari kepeduliannya tentang keinginan perempuan yang sudah menjadi ibu rumah tangga untuk bisa hidup mandiri dan memulai merintis usaha mereka, Ratih juga memberikan dorongan agar memiliki keberanian untuk memiliki usaha agar bisa memberdayakan sesamanya.

Selain itu, Ratih bersama Komunitasnya juga biasa mengadakan kelas mentoring yang diperuntukan untuk perempuan khusunya ibu rumah tangga yang ingin merintis sebagai wirausahawan. Kelas monitoring ini biasanya diadakan setiap hari Selasa. Dan untuk saat ini sendiri, anggota dari B_sahabat sendiri memiliki 63 anggota yang ikut berpatisipasi di komunitas tersebut.

Pada selasa, (8/10/2019), B_Sahabat mengadakan pertemuan rutin bersama dan juga Opening B_Sahabat angkatan ke 6, yang diadakan di Aula Perpustakaan Daerah Kabupaten Jepara.

Dalam kesempatan tersebut, Ratih mengatakan, bahwa komunitas ini memiliki tujuan untuk membantu ibu rumah tangga yang memiliki komitmen tinggi untuk mau berubah dan berusaha. Di Komunitas B_Sahabat sendiri nantinya mendapatkan pembekalan melalui training of trainer yang meliputi materi mentoring, kurikululum pendampingan usaha, teknik mentoring dan self healing, teknik menemukan bakat alami dan minat usaha serta kemampuan memfasilitasi kelas.

“Materinya biasa, mau googling banyak, tapi yang tidak ada ditempat lain ialah kami menularkan energi kepada ibu sekalian” kata Ratih, Founder B_Sahabat.

Acara tersebut, dihadiri oleh Seksi Pelayanan dan Referensi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Jepara (Diskarpus), Noor Komariyah yang hadir mewakili Kepala Diskarpus.

Dalam sambutanya, komariyah mewakili Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Jepara, mengucapkkan rasa terimakasih kepada B_Sahabat, atas dukungannya di setiap kegiatan yang ada di perpustakaan, selain itu juga, dia mengapresiasi dengan adanya komunitas B_Sahabat ini.

Karena menurutnya dengan adanya Komunitas ini yang semula para ibu rumah tangga hanya mengurus pekerjaan rumah saja, untuk saat ini juga bisa mencoba menjadi wirausahawan dan diberikan mentoring untuk menemukan talent/passions, menciptakan produk jasa/produk yang berkualitas. Sehingga bisa mendorong ibu rumah tangga menjadi wirausahawan yang sukses.

“Ternyata ibu rumah tangga yang dulunya tidak punya usaha, sekarang memiliki usaha yang sudah memiliki omset yang lumayan”kata komariyah dalam sambutannya.
(DiskominfoJepara/Sulistiyono/Nandha)