Wisata Gratis Jepara

JEPARA – Lomba renang Pulau Panjang tingkat nasional dalam rangka HUT TNI/POLRI, dan Sumpah Pamuda ini, pertama digelar di Jepara pada Ahad (3/11/2019) pagi. Perlombaan dimulai dari Pulau Panjang menuju Pantai Bandengan dengan jarak 4,5 km. Perlombaan yang diikuti 103 peserta ini, terdiri dari kategori umum up 40th, under 40th open women, dan pelajar putra/putri.

Plt. Bupati Jepara foto bersama dengan para juara lomba renang. (Foto Dok. Diskominfo Jepara)

Joe Aditiya perenang kategori umum under 40th (putra) mencatat waktu tercepat yaitu 49.38 menit. Ia keluar sebagai juara pertama. Disusul oleh Dwiki Anugrah sebagai juara kedua, dan Rashif Amilia juara ketiga.

Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi mengatakan, acara ini akan dijadikan even tahunan. “Insyaallah, ini nanti merupakan even tahunan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara, dalam rangka untuk mempromosikan destinasi-destinasi wisata yang ada di Jepara,” katanya.

Setelah perlombaan, peserta diagendakan berkeliling Kabupaten Jepara untuk ditunjukkan beberapa tempat wisata dan sentra ukir kayu.

Lomba renang Pulau Panjang tingkat nasional ini juga dimaksudkan untuk peluncuran obyek wisata gratis yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Jepara. Peluncuran retribusi (biaya masuk) wisata gratis dimulai per 1 November 2019, sesuai perda No. 5 Tahun 2019 atas perubahan Perda No. 26 Tahun 2010 tentang Retribusi Tempat Rekreasi di Jepara. Obyek wisata yang dikelola Pemkab Jepara, diantaranya Pantai Bandengan, Pantai Kartini, Pantai Benteng Portugis, Pantai Pungkruk (Mororejo), Museum RA Kartini, Pulau Panjang, dan Retribusi Kepulauan Karimunjawa. (DiskominfoJepara/Umar/Dhima)