Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi meminpin Upacara Hari Pahlawan 10 November di Alun-Alun Jepara. (Foto Dok. Diskominfo Jepara)

JEPARA – Minggu pagi, Pelaksana tugas (Plt) Bupati Jepara Dian Kristiandi memimpin upacara bendera, peringatan Hari Pahlawan Nasional yang jatuh setiap 10 November. Bertempat di Alun-alun Jepara, peringatan rutin ini sebagai wujud penghormatan atas jasa para pahlawan yang gugur merebut kemerdekaan.

Dalam sambutanya, Andi mengajak seluruh lapisan warganya terus bersemangat menjaga persatuan dan kesatuan. Momentum Hari Pahlawan diharapkan menjadi wahana tepat untuk menumbuhkan semangat gotong-royong. “Mari selalu jaga kebersamaan, persatuan dan kesatuan, dan memunculkan rasa kegotong-royongan,” ucap Plt. Bupati Jepara.

Selain itu, Dian Kristiandi juga membacakan sambutan Menteri Sosial. Dalam sambutan tersebut, ia menyebut pentingnya generasi kini, mengingat jasa para pahlawan kusuma bangsa. Ia mengajak seluruh warganya dapat bangkit dan memiliki semangat berinovasi. “Marilah kita selalu meneladani, mencontoh apa yang telah dilakukan oleh para pahlawan yang terdahulu, bagaimana saat itu memperjuangakan dan mempertahankan kemerdekaan ini, sehingga kita dapat hidup layak seperti yang kita rasakan sekarang ini,” ujar dia.

Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi tabur bunga di makam pahlawan bersama Ibu Hesti Nugroho. (Foto Dok. Diskominfo Jepara)

Setelah upacara bendera, dilanjutkan upacara ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Dharma Jepara. Dandim 0719/Jepara Letkol Arm. Suharyanto, memimpin prosesi penghormatan kepada para pahlawan itu.

Bunyi sangkur sesekali terdengar dipasangkan ke ujung senapan oleh anggota TNI-Polri, sebagai momen mengenang perjuangan 10 November 1945. Selanjutnya, Letkol Arm. Suharyanto memimpin hening cipta mengenang para pahlawan. Lalu, mempersembahkan karangan bunga di depan monumen patung garuda.

Setelah upacara ziarah nasional, Plt. Bupati Jepara didampingi istri, serta jajaran Forkopimda berziarah ke beberapa makam pahlawan. Tabur bunga menjadi prosesi akhir sekaligus menutup peringatan pada tahun ini. (DiskominfoJepara/AchPr)