Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi saat melihat stan pameran pertanian di Alun-Alun II Jepara. (Foto Dok. diskominfo Jepara)

JEPARA – Berbagai hasil pertanian terbaik dipamerkan dalam gelaran produk pertanian dan peternakan di Kabupaten Jepara. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, Kamis dan Jumat, 21 dan 22 November di Alun-Alun II Jepara.

Pameran dibuka Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Jepara Dian Kristiandi bersama Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah Ir. Suryo Banendro dan Kepala DKPP Jepara Achid Setyawan.

Kepala DKPP Jepara Achid Setiawan menyampaikan, kegiatan ini merupakan agenda rutin yang tiap tahun diadakan, namun, selalu ada inovasi di setiap tahunnya. Pada pelaksanaan pameran ini, DKPP Jepara menggelar kegiatannya dalam bentuk lomba buah durian, pisang saba dan mangga gadung, kontes sapi kembar, lomba vlog pertanian, lomba cita rasa kopi, lomba stand bazar hasil pertanian dan peternakan, lomba ubi kayu dan pengenalan menu beragam bergizi Sseimbang dan aman (B2SA).

”Pelaksanaan lomba dari tahun ke tahun terus diupayakan adanya peningkatan jenis lomba yang diadakan seiring perkembangan kemajuan pembangunan yang telah dicapai. Hal ini dapat kita lihat dari jenis lomba yang semula hanya durian, sekarang sudah berkembang meliputi delapan jenis lomba,” terangnya.

Achid menyampaikan, kegiatan kali ini diberi tema Pameran Produk Unggulan Pertanian dan Peternakan Berbasis Agribisnis dalam Rangka Mewujudkan Kedaulatan Pangan di Kabupaten Jepara. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menunjukkan potensi pertanian dan peternakan di Kabupaten Jepara, mempromosikan peluang investasi serta perluasan pasar bagi produk-produk unggulan yang dimiliki oleh Kabupaten Jepara.

Selain itu juga meningkatkan pemasaran produk-produk pertanian dan peternakan, mengekspose keberhasilan pertanian dan peternakan Kabupaten Jepara dalam rangka peningkatan kemandirian petani, serta memperkuat citra daerah sebagai daerah penghasil buah-buah berkualitas.

Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi mengatakan, pengembangan sektor pertanian sebenranya bukan perkara mudah. Perlu kepedulian, dukungan dan komitmen semua pihak. “Komoditas pertanian, perkebunan dan perikanan juga terus kita kembangan agar satu sama lain bisa saling melengkapi,” katanya.

Sepanjang tahun 2019 ini, Jepara melalui petani dan peternak binaan DKPP telah meraih banyak prstasi di berbagai lomba, yaitu Juara I Lomba Kelompok Tani Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah Kategori Komoditas Sapi Potong, Juara I Kontes Ternak tingkat Jawa Tengah Kategori Pejantan Sapi PO (Peranakan Ongole), Juara II Lomba Kelompok Tani Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah Kategori Komoditas Kerbau, serta Juara III Lomba Makanan Khas Tingkat Provinsi Jawa Tengah Kategori Makanan Utama.(DiskominfoJepara/Dian)