Edy Sujatmiko Sekda Jepara saat memberikan sambutan dalam acara sarasehan menyambut HUT Kopri di Gedung Shima Jepara. (Foto Dok. Diskominfo Jepara)

JEPARA – Memberikan pelayanan cepat dan maksimal kepada masyarakat, Aparatur Sipil Negara (ASN) diminta untuk menyederhanakan prosedur dalam memberikan pelayanan. Hal ini disampaikan Sekda Jepara Edy Sujatmiko, saat membuka Sarasehan Peringatan HUT ke-48 Korpri Tahun 2019, pada Kamis (28/11/2019), di Gedung Shima Jepara.

“Kita harus terus berupaya menyederhanakan prosedur di setiap unit kerja, agar dapat memangkas waktu dan efisiensi biaya,” kata Edy.

Membacakan sambutan Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Jepara Dian kristiandi, Edy mengatakan di era digital sekarang ini, ASN harus mempersiapkan diri dalam persaingan global yang luar biasa.

“Jangan berpikir birokrasi konvensional. Sebagai ASN harus berpikir out of the box atau pemikiran yang tidak biasa dan mengandung inovasi,” kata dia.

Misalnya saja dalam proses pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan sipil (Disdukcapil), kesehatan, hingga pelayanan di bidang keuangan. “Bukan mengesampingkan prosedur, akan tetapi orientasi kita kepada hasil yang didapat,” kata dia.

Edy yang juga Ketua Pengurus Korpri Kabupaten Jepara, berharap kepada para anggota Korpri untuk dapat merubah mindset (cara berpikir) pelayanan yang profesional dan berkualitas. “Kita punya sumber daya yang kuat. Kita harus bisa merubah pola pikir kita agar lebih baik,” kata dia.

Peserta sarasehan HUT ke-48 Korpri di Gedung Shima.

Sesuai dengan tema peringatan HUT ke-48 Korpri, yaitu Membangun Profesionalitas ASN di era Digital untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Jepara, ia mengajak anggota Korpri untuk terus maju. “Jangan sampai kita dianggap pekerja lamban dan gaptek. Untuk itu, mulai sekarang kita harus lebih maju. Setuju?,” ungkap dia.

Edy mengapresasi Lembaga Sumber Daya Manusia (LSDM) Korpri Kabupaten Jepara yang baru saja diluncurkan. Harapannya, LSDM Korpri akan memacu peningkatan kinerja pada negara, baik di tingkat daerah dan desa. “Korpri Jepara ayo bergerak. Tunjukkan integritas dan keseriusan Korpri sampai dimana,” tegas Edy.

Ketua Panitia Kegiatan HUT ke-48 Korpri Jepara Junaidi mengatakan, kegiatan sarasehan ini sebagai peningkatan profesionalitas anggota Korpri. Kegiatan diikuti 175 anggota, mulai pimpinan Perangkat daerah hingga jajaran pejabat di tingkat kecamatan. “Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan Upacara HUT Korpri, pada Jumat (29/11/2019), di Alun-Alun Jepara,” kata dia. (DiskominfoJepara/Dian)