Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi rapat bersama sejumlah pimpinan Perangkat Daerah di Kabupaten Jepara untuk percepatan pembangunan fisik pada tahun 2020. (Foto Dok. Diskominfo Jepara)

JEPARA – Dalam rangka percepatan pembangunan fisik 2020, Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Jepara Dian Kristiandi memanggil sejumlah pimpinan Perangkat Daerah di Kabupaten Jepara. Kegiatan dilaksanakan pada senin (2/12/2019), di Ruang Kerjanya.

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Farikhah Elida, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Jepara Azhar Ekanto, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Achit Setyawan, Kepala Disdikpora Agus Tri Harjono, Kepala DPUPR Ary Bachtiar, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Mudrikatun, Kepala Disperindag Ratib Zaini, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Dinas Perikanan dan RSUD Kartini Jepara.

Agar tidak terjadi keterlambatan pelaksanaan pembangunan fisik tahun depan, perencanaan harus sudah dilakukan mulai dari sekarang. Dari pembuatan Detail Engineering Design (DED) dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) termasuk penyediaan lelang barang dan jasa. Sehingga, saat memasuki awal tahun (Januari), bisa mulai proses lelang.

“Saatnya melakukan percepatan, sehingga harapannya ada berbaikan peningkatan kualitas di tahun mendatang,” kata Andi.

Andi berharap progres pembangunan tahun 2020, ada rasa kebersamaan seluruh pimpinan perangkat daerah. Karena Andi menilai, selama ini progres pelaksanaan pembangunan fisik seolah ada sedikit keterlambatan. “Progres fisik yang seharusnya selesai bulan November atau Desember, bisa dipercepat lagi tengah bulan, sehingga sisa waktu yang ada dapat digunakan untuk melengkapi hal yang masih kurang sempurna,” katanya.

Tidak boleh ketinggalan adalah komunikasi antar pimpinan. Misalnya ada program yang tidak ter-cover di dinas tersebut dan ada di program dinas lain, maka yang bersangkutan harus mengawalnya. Sehingga program tersebut dapat terealisasi. “Misalnya ada program pembangunana irigasi, meskipun program ini ada di DPUPR namun DKPP Jepara, juga harus ikut mengawal progres tersebut karena yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan petani,” kata Andi.

Kepala Disdikpora Agus Tri Harjono, dalam laporannya mengatakan untuk progres fisik 2020 dinasnya terdapat 38 paket kegiatan dengan nilai Rp7,180 miliar. Rencananya untuk kegiatan penataan beberapa sekolah di Jepara. Begitu juga yang disampikan Kepala DPUPR Ary Bachtiar, tahun depan terdapat sekitar 53 paket pekerjaan total Rp128 miliar. (DiskominfoJepara/Dian)