Bunda Siaga Ny. Hesty Nugroho bersalaman dengan peserta Pesta Siaga di Buper Pakis Adi. (Foto Dok. Diskominfo Jepara)

JEPARA – Bunda Siaga Kabupaten Jepara Ny. Hesty Nugroho mengajak kepada seluruh pihak, untuk menanamkan kasih sayang dan toleransi sejak dini. Hal ini disampaikan saat menjadi pemimpin upacara Pesta Siaga tingkat Kabupaten Jepara, pada Kamis (12/12/2019), di Bumi Pekemahan Pakis Adhi Jepara.

Pemberian Bunga oleh seorang peserta Pesta Siaga

Di depan ratusan peserta pesta Siaga, dewan guru pendamping dan juga seluruh anggota Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Jepara, Hesty mengatakan kasih sayang dan toleransi ini harus mulai ditanamakan sejak dini. Dengan begitu, saat mereka dewasa nanti akan tumbuh menjadi manusia yang penuh rasa empati, kasih sayang kepada sesama.

Melalui gerakan Pramuka, khususnya Siaga, Hesty menaruh harapan besar agar kelak mereka tumbuh menjadi generasi penuh toleransi, tangguh dan bertanggung jawab. “Saya berharap kalian akan tumbuh menjadi pemimpin yang tangguh, arif, dan bijaksana,” kata dia.

Ia juga berpesan, untuk mengikuti Pesta Siaga ini dengan sportif, ceria, gembira, dan penuh suka cita. Gunakan kesempatan ini untuk menambah sahabat, bukan permusuhan. Karena pada dasarnya semua adalah bersaudara.

Kepada Pembina, untuk memberikan bimbingan agar mereka (Pramuka Siaga), untuk benar-benar siaga dan siap dalam segala hal. Terutama menghadapi tantangan di masa yang akan datang. “Saya juga berharap agar kegiatan ini dapat diselenggarakan setiap tahun, sebagai agenda rutin Gerakan Pramuka Kwarcab Jepara. karena melalui kegiatan ini, dapat membina generasi bangsa yang berkualitas.

Toleransi sendiri merupakan kunci perdamaian, agar tidak terjadi perselisihan. Dengan menjunjung tinggi sikap menghargai perbedaan ini, maka kehidupan akan damai. (DiskominfoJepara/Dian)