Plt. Bupati Jepara menerima penghargaan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jawa Tengah terhadap APBD tahun 2018. (Foto Dok. DiskominfoJepara)

JEPARA – Pemkab Jepara kembali menorehkan prestasi yang memuaskan, karena berhasil meraih penghargaan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jawa Tengah terhadap APBD tahun 2018. Yakni terhadap pengelolaan keuangan dan aset daerah dengan nilai tingkat kepatuhan, kecukupan, dan ketaatan terhadap peraturan dan perundangan yang cukup tinggi.

Penyerahan penghargaan WTP ini diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) DJPb Jateng Sulaimansyah, dan diterima langsung Plt. Bupati Jepara Dian Kistiandi, di Ruang Sosrokartono, Kantor Setda Kabupaten Jepara, Jumat (13/12/2019).

Disampaikan Andi, penghargaan ini merupakan penghargaan WTP kesembilan kalinya diterima oleh Pemkab Jepara, dan berhasil diraih secara berturut-turut. “Alhamdulillah sembilan kali berturut-turut, tentu ini menunjukkan satu keseriusan, komitmen, dan sinergitas bersama daripada seluruh perangkat daerah,” ujar Plt. Bupati Jepara.

Dalam acara yang juga dihadiri jajaran pimpinan perangkat daerah tersebut, Andi mengucapkan terima kasih atas piagam penghargaan yang diberikan kepada Kabupaten Jepara. Dirinya menyebutkan, pihaknya terus melakukan berbagai pembenahan tata kelola pemerintahan, dan keuangan yang baik serta bersih di seluruh perangkat daerah. Sesuai dengan salah satu misi Pemkab Jepara, yakni meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, dan pelayanan publik yang profesional. “Harapannya, sebanyak-banyaknya ini untuk kemakmuran atau kesejahteraan warga masyarkat khususnya yang di Kabupaten Jepara,” tutur dia.

Lebih lanjut, pihaknya saat ini masih melakukan berbagai terobosan, dalam hal bagaimana mengelola keuangan dan aset-aset yang dimiliki daerah. Untuk kesejahteraan dan peningkatan taraf ekonomi masyarakat. Termasuk mempermudah dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Jepara. “Kita semua terus lakukan satu upaya peningkatan kinerja, ciptakan suasana kondusifitas juga,” kata Andi.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan naskah kesepakatan bersama, antara Kanwil DJPb Jateng dengan Pemkab Jepara. Kesepakatan itu, tentang “Pemanfaatan Bersama Data dan Informasi serta Penguatan Koordinasi Penyelenggaraan Pelaksanaan Kebijakan Pengelolaan Keuangan Publik dalam Pelaksanaan Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.”

Pada kesempatan itu, Andi juga mengatakan, bahwa Pemkab Jepara akan terus bekerja keras dalam meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah. Pihaknya berkomitmen untuk terus menjaga dan meningkatkan prestasi yang diraih ini, agar berbagai insentif dari pemerintah pusat bisa diraih, untuk pembangunan Kabupaten Jepara. “Tentu dengan tamabahan anggaran akan menjadikan kesehatan fiskal Kabupaten Jepara menjadi lebih baik,” ujar Dian Kristiandi. (DiskominfoJepara/AchPr)