Pemkab Jepara menggelar apel bersama tiga pilar di halaman Pendopo Kartini Jepara. (Foto Dok. Diskominfo Jepara)

JEPARA – Menjelang perayaan Natal dan tahun baru (nataru) 2020, Pemkab Jepara menggelar apel bersama tiga pilar. Dengan mengundang camat beserta unsur tiga pilar desa, gelaran ini dimaksudkan agar perayaan tersebut dapat berjalan aman dan kondusif.

Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi mengenakan Jaket pada anggota TNI.

Diikuti sekitar 500 peserta, terdiri dari lurah/petinggi, babinsa, dan babinkamtibmas, apel bersama tiga pilar berlangsung di Pendopo Kartini Jepara, Senin (23/12/2019). Dipimpin langsung Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi, apel tersebut turut dihadiri Dandim 0719/Jepara Letkol Arm. Suharyanto, Kapolres Jepara AKBP Arif Budiman, Kajari Jepara Saiful Bahri, dan Ketua FKUB Jepara Mashudi.

Apel bersama tiga pilar ini disampaikan Dian Kristiandi, bertujuan untuk meningkatkan wawasan serta penyamaan visi. Utamanya terhadap berbagai permasalahan aktual, yang terjadi di wilayah saat perayaan nataru. “Kita sebagai aparat negara harus memberikan jaminan kepada saudara-saudara kita, untuk menjalankan ibadahnya dengan baik, tanpa ada halangan, rintangan, dan hambatan apapun,” ujar Plt. Bupati Jepara.

Di samping untuk mewujudkan sinergitas, dirinya juga menyebut, apel ini demi terwujudnya kebersamaan pola pikir dan sikap, serta pola tindak guna keterpaduan. Dijelaskannya, tiga pilar merupakan ujung tombak pemerintahan dilapisan masyarakat bawah. Sekaligus bisa berperan menciptakan situasi yang aman, dan juga damai.

Menurut Plt. Bupati Jepara, kesejahteraan bisa tercapai apabila keamanan bisa terjaga. Yakni dengan cara, jika ada konflik kecil segera diatasi dengan turun langsung agar tidak meluas. Lebih lanjut, pihaknya mengimbau agar komitmen bersama dalam menjaga kondusifitas wilayah dapat terus terjaga. “Bahwa konteks menjaga stabilitas keamanan kondusifitas, tidak hanya pada momentum seperti ini di hari-hari besar keagamaan. Sudah seharusnya kewajiban kita memberikan pelayanan yang terbaik untuk seluruh lapisan warga masyarakat,” imbuh dia.

Proses untuk tercapainya situasi dan kondisi yang kondusif, ditandai dengan pembacaan pernyataan sikap bersama, antara lurah/petinggi, babinsa, dan babinkamtibmas. Pembacaan tersebut dipimpin oleh Ketua FKUB Jepara Mashudi. Selanjutnya dilakukan penandatanganan naskah pernyataan sikap bersama secara bergantian. Penyematan rompi tiga pilar secara simbolis juga dilakukan dalam kesempatan itu.

Rangkaian kegiatan apel bersama tiga pilar, kemudian dilanjutkan dengan pemberian pengarahan. Plt. Bupati Jepara, Dandim 0719/Jepara, Kapolres Jepara, Kajari Jepara bergantian menyampaikan materi. Dengan antusias dan penuh hikmat, para peserta tampak serius mengikuti arahan para narasumber. Antusiasme mereka terlihat mulai awal hingga akhir acara. (DiskominfoJepara/AchPr)