Perayaan Natal Bersama di Pendopo Kartini Jepara. (Foto Dok. DiskominfoJepara)

JEPARA – Berbeda dari tahun sebelumnya, Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi mengapresiasi tampilan perayaan Natal bersama Korpri, TNI, Polri, dan Pensiunan Kabupaten Jepara, Rabu (8/1/2020), yang penuh nuansa persahabatan dalam kebhinekaan. Bahkan, Andi sempat meneteskan air mata dan tidak mampu berkata setelah mendengar lagu berjudul Teman Mari Kita Terbuka, ciptaan Pancasilawati.

Plt. Bupati Dian Kristiandi Terharu saat bersama anak-anak menyanyikan lagu Teman Mari Kita Terbuka, ciptaan Pancasilawati.

Selain syair penuh makna menjaga persatuan dalam keberagaman, disampaikan Andi bahwa yang membuatnya terharu adalah lagu tersebut dibawakan oleh para siswa kelas tiga SDN 1 Mulyoharjo beserta orangtua yang hampir semua nonkristiani. Dengan mengenakan beragam pakaian adat, para siswa kemudian mengajak bernyanyi Andi serta Komandan Kodim 0719 Jepara Letkol Arm Suharyanto, dan Kapolres Jepara AKBP Arif Budiman yang turut hadir dalam kemeriahan tersebut.

Dihadapan sekitar tujuhratusan tamu undangan yang hadir dan memenuhi Pendopo R.A. Kartini, Andi menyampaikan pentingnya menjaga dan merawat persatuan diantara keberagaman yang ada di Jepara. “Jepara adalah miniatur Indonesia. Jepara punya wilayah kepulauan, banyak suku, budaya, dan agama yang berbeda namun mampu rukun dan damai dalam kehidupan sehari-hari. Inilah yang harus kita rawat,” ucap Andi.

Selain itu, andi merasa bangga jika ada komunitas lintas agama yang dapat hadir dan turut mengisi perayaan hari besar agama. “Adik-adik inilah contohnya. Implementasi nyata dari usaha merawat dan menjaga perbedaan sebagai anugerah indah dari Tuhan,” kata dia.

Selain penampilan para siswa SDN 1 Mulyoharjo, ditampilkan pula paduan suara dari Korpri, TNI, dan Polri, serta pentas drama. Dalam perayaan tersebut juga dilakukan kolekte atau penggalangan dana sebagai bentuk aksi sosial. Dari penggalangan dana tersebut terkumpul dana sebesar Rp5.6 juta yang nantinya akan diserahkan kepada penghuni Liposos Donorojo. (DiskominfoJepara/Adhi)