Delapan Instansi Menerima Penghargaan PMI Jepara. (Foto Dok. DiskominfoJepara)

JEPARA – Delapan instansi dan perusahaan mendapatkan penghargaan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara, atas capaiannya dalam pelaksanaan penghimpunan bulan dana PMI Jepara tahun 2019. Penghargaan diserakan Sekda Jepara Edy Sujatmiko, didampingi Kepala PMI Kabupaten Jepara Sutedjo S Sumarto, pada kamis (9/1/2020), di Pendopo Kartini Jepara.

Bersamaan dengan penutupan bulan dana PMI Kabupaten Jepara, masing-masing lembaga ini diundang secara khusus untuk menerima plakat atau piagam penghargaan dari PMI Kabupaten Jepara.

“Mereka yang menerima penghargaan ini, adalah yang telah berhasil mencapai seratus persen lebih penarikan Bulan Dana PMI Jepara,” kata Sutedjo.

Dikatakan Sutedjo, dari enam belas kecamatan di Kabupaten Jepara dua diantaranya berhasil mendapatkan penghargaan, yaitu Kecamatan Bangsri dan Kecamatan Karimunjawa. Untuk Kecamatan Bangsri berhasil mencapai 104 persen, dan Karimunjawa 115 persen. Selain itu juga Satkordikcam Kecamatan Kembang 111 persen.

Untuk perangkat daerah dengan capaian jumlah terbesar yaitu Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) sebesar Rp418 juta, dan Kementerian Agama (Kemenag) kabupaten Jepara sebesar Rp193 juta.

Untuk kategori perangkat daerah pencapaian 100 persen atau lebih melalui daftar, diraih Puskesmas Welahan I (154 persen). Kemudian juga Unit Pelayanan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah (UP3AD) pada Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Jepara sebesar (121 persen). Untuk kategori perusahaan peduli bulan dana PMI diraih PT. Kanindo Makmur Jaya.

“Untuk lembaga atau instansi yang sudah melebihi angka seratus persen untuk tetap dipertahankan, sedangkan yang belum untuk ditingkatkan tahun depan,” katanya.

Sekda Jepara Edy Sujatmiko mengatakan, Bulan Dana PMI ini sebenarnya hanya wahana pendidikan dan pelatihan, untuk melatih kepekaan masyarakat, pemerintah, dan dunia usha terhadap kegiatan kemanusiaan. Oleh karena itu, golnya kegiatan ini sebenarnya adalah terbentuknya jiwa kemanusiaan dan kesetiakawanan sosial pada masyarakat.

“Harapannya kontribusi ini terus mengalir tidak hanya melalui bulan dana, tapi dukungan dan sumbangan semua pihak dapat disalurkan kapan saja sesuai aturan yang berlaku,” kata dia.

Sekretaris Kecamatan Bangsri Tri Cahyono salah satu yang menerima penghargaan tersebut mengatakan, dari target Rp69 juta terpenuhi Rp71 juta. Pihak kecamatan bekerjasama dengan desa, untuk mensosialisasikan bulan dana ini hingga di tingkat RT/RW. “Kami tidak segan selalu mengingatkan para petinggi desa. Alhamdulillah kita mencapai target tahun ini,” kata dia. (DiskominfoJepara/Dian)