kkn-unisnu
Asisten 2 Sekda Jepara (kiri) memakaikan jas KKN sebagai tanda penerjunan peserta KKN. (Foto Dok. DiskominfoJepara)

JEPARA – Sebanyak 267 mahasiswa Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara yang terdaftar peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun Akademik 2019/2020 Periode I, diterjunkan di Pendopo Kartini, pada Selasa (21/1/2020). Mereka akan mengabdikan diri di 8 desa pada 2 kecamatan, yaitu Kecamatan Kembang dan Welahan. Adapun sebanyak 240 peserta KKN lainnya, juga akan diterjunkan ke beberapa desa di wilayah Kecamatan Kaliwungu dan Jati Kabupaten Kudus pada esok hari, Rabu (22/1/2020).

Penerimaan dan pelepasan mahasiswa KKN Unisnu diterima Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Jepara Mulyaji. Acara dihadiri pimpinan Yayasan Yaptinu Jepara, Civitas akademika Unisnu Jepara dan beberapa pimpinan perangkat daerah.

Rektor Unisnu Sa’dullah Assa’idi dalam laporannya, berpesan kepada seluruh mahasiswa yang akan melaksanakan KKN untuk tetap menjaga nama almamaternya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Jepara Mulyaji mewakili Plt. Bupati Dian Kristiandi, menyambut baik dan mengapresiasi KKN Unisnu Jepara Tahun Akademik 2019/2020 Periode I. Kepada mahasiswa dia berpesan, untuk mengenali watak, karakter, sifat, kultur budaya, dan pendidikan masyarakat desa. “Hal ini harus dilakukan, karena proses adaptasi dan penyesuaian dengan masyarakat yang ada di desa berbeda-beda karakternya,” kata dia.

Di sisi lain Mulyaji menyampaikan, bahwa tahun ini arah pembangunan Jepara ditekankan pada penguatan sumber daya manusia (SDM), untuk mendukung tumbuhnya industri kreatif berbasis potensi unggulan. Salah satunya dilaksanakan melalui penguatan daya saing ekonomi daerah, yang berbasis pada potensi unggulan, dan berorientasi pada ekonomi kerakyatan.

Saat ini masyarakat miskin di Jepara turun dari 7 persen menjadi 6,66 persen dari 1,2 juta penduduk Kabupaten Jepara, dan menduduki peringkat 4 di Jawa Tengah. “Ini tidak hanya tugas Pemerintah Kabupaten Jepara, tapi tugas kita bersama untuk mengentaskan kemiskinan masyarakat Jepara,” kata dia.

Kegiatan KKN tahun 2020 ini mengangkat tema “Pengembangan Inovasi Desa Berbasis Pendidikan, Ekonomi, dan Teknologi”. Ini merupakan jawaban atas keresahan dan tantangan inovasi yang dihadapi oleh hampir semua desa. Saat ini desa bukan lagi obyek pembangunan, melainkan subyek atau pelaku yang menentukan arah kebijakan pembangunan desa. (DiskominfoJepara/Sulistiyono)