Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi saat membuka Seminar Politik cabang Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo di Pendopo Kartini. (Foto Dok. DiskominfoJepara)

JEPARA – Untuk menarik minat pemilih pemula, komunitas mahasiswa Jepara Semarang (KMJS) cabang Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, menyelenggarakan seminar politik. Diselenggarakan di Pendopo Kartini Jepara, Kamis (23/1/2020) acara tersebut diikuti sekitar seratus peserta.

Dibuka secara resmi oleh Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi, seminar itu menghadirkan narasumber kompeten, yaitu Kasubbid Politik di Bakesbangpol Kabupaten Jepara Rohyadi, Ketua KPU Kabupaten Jepara Subchan Zuhri, serta Ketua Bawaslu Kabupaten Jepara Sujiantoko. Tak pelak acara ini disambut baik oleh banyak pihak, utamanya dari peserta yang dominan pelajar SMA. Mereka tampak antusias melontarkan berbagai pertanyaan saat tiba pada sesi tanya jawab.

Menurut Dian Kristiandi, seminar bertema “Pentingnya pendidikan politik bagi mahasiswa” ini, bertujuan untuk menekan angka golput di setiap ajang pesta demokrasi ke depan. Selain mengenalkan arti pemilu, melalui kegiatan ini peserta juga dibekali bagaimana memaknai partisipasi politik, dan menjadi pemimpin bangsa kelak. “Ke depan kalian semuanya yang akan meneruskan perjuangan para pendahulu, termasuk salah satu di antara kalian bisa meneruskan perjuangan para bupati-bupati yang ada di Jepara ini,” ujar dia.

Selaras dengan seminar politik kali ini, jelasnya, pemerintah ingin meningkatkan angka partisipasi kaum milenial melek politik. Sebab urusan bangsa di masa depan berada di pundak generasi sekarang, dan itu dipertaruhkan mulai dari sekarang. Sehingga anggapan selama ini politik adalah urusan orang tua dapat mereka tepis.

Setelah dibuka Plt. Bupati Jepara, para narasumber secara bergantian menyampaikan materi. Bakesbangpol mengawali dengan tema apa itu politik. Lalu, secara bergiliran KPU dan Bawaslu masing-masing mengangkat tajuk peran milenial dalam pemilu, dan pengawasan partisipatif masyarakat. (DiskominfoJepara/AchPr)