kkp-di-jepara
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo meninjau budidaya udang jerbung dan kepiting di BBPBAP Jepara. (Foto Dok. Diskominfo Jepara)

JEPARA – Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo didampingi Wagub Jateng Taj Yasin dan Forkopimda Jepara, meninjau tambak udang jerbung BBPBAP Jepara. Kemudian ia melanjutkan dengan meninjau lokasi/unit pembenihan udang dan kepiting. Selanjutnya menggelar dialog bersama para pemangku kepentingan, dengan pembudi daya ikan, dan pelajar.

Pemberian bantuan kepada para Pembudi daya ikan dari KKP.

Potensi budi daya udang jerbung (Penaeus Merguiensis), dan kepiting atau rajungan di Kabupaten Jepara sangat besar. Terbukti dari satu ekor udang jerbung mampu menghasilkan sekitar 50 ribu anakan baru. Begitu juga dari satu indukan rajungan, bisa menghasilkan kira-kira 80 ribu benih.

Pernyataan itu diungkapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, saat tinjauan budi daya, di Balai Besar Perikanan Budi Daya Air Payau (BBPBAP) Jepara, Kamis (30/1/2020).

“Program (Kementerian Kelautan dan Perikanan/KKP) ke depan bagaimana memperbanyak indukan semua jenis,” kata dia.

Potensi produksi yang dihasilkan dari Kabupaten Jepara, diharapkan Edhy mampu memenuhi kebutuhan pasar. Jauh tak kalah penting, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya dengan membantu kebutuhan budi daya masyarakat itu sendiri. “Makanya disini peran negara kita perbanyak benihnya, serahkan mereka untuk membudi dayanya. Bila perlu semua gratis, yang penting mereka bisa berusaha,” tutur dia.

Ke depan dirinya meminta, salah satu program skala prioritas kementeriannya, untuk lebih mengarah kepada memperbanyak benih dan indukan. Selain juga mencukupi fasilitas di dalamnya, sehingga benih-benih ini dapat sampai ke tambak-tambak.

Pemkab Jepara pun menyambut baik dan mendukung penuh wacana pemerintah pusat tersebut.

Diakui Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi, para petani tambak khusus yang ada di Jepara masih menyimpan keraguan akan budi daya udang. Kendati dari pemkab telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya perbankan. Namun, tetap masih ada sejumlah keterbatasan bagi petani tambak. “Kami masyarakat Jepara mohon, agar ada dorongan semangat kepada kami khususnya petani tambak, akan mampu mempunyai daya saing,” ujar Dian Kristiandi.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin, secara khusus memberikan apresiasi bagi Kabupaten Jepara. Selain Jepara, Pemalang dan Brebes dinilai telah mampu membudidayakan udang jerbung.

Taj Yasin mengatakan, jumlah komoditas udang dari Jateng masih di atas rata-rata. Yakni, pada tahun 2018 ada sebanyak 510.324 ton. “Untuk itu saya berharap sektor ini, dapat terus didorong dan dikembangkan bersama-sama. Sehingga kesejahteraan rakyat semakin meningkat,” kata dia.

Pada kesempatan ini turut diberikan bantuan kepada pembudi daya ikan dari KKP, dengan total senilai Rp96,3 juta. Bantuan tersebut di antaranya 100 ribu benih udang vaname, 400 ribu benih udang windu, 250 ribu benih rajungan, dan 6 ton pakan ikan mandiri. (DiskominfoJepara/AchPr/Rizal)