bwi-jepara
Penyerahan wakaf uang secara simbolis kepada BWI Kabupaten Jepara. (Foto Dok. DiskominfoJepara)

JEPARA – Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Muhammmad Nuh secara resmi meluncurkan program wakaf uang di Kabupaten Jepara, kegiatan ini berlangsung di Pendopo Kartini Jepara, Jum’at, (31/1/2020). Wakaf pada umumnya berupa benda tidak bergerak seperti tanah atau bangunan. Namun sebenarnya, wakaf juga bisa berupa barang bergerak, seperti kendaraan, alat industri, maupun benda bergerak berupa uang.

Memukul gong, Muhammmad Nuh Meluncurkan Program Wakaf Uang di Pendopo Kartini Jepara.

Ketua Perwakilan BWI Jepara Sholih menyampaikan, Wakaf uang pada dasarnya sama seperti pada wakaf umumnya, yakni menahan hak milik atas suatu benda untuk tujuan menyedekahkan manfaatnya di dijalan Allah. Dengan adanya wakaf uang ini, ketika ada orang yang ingin berwakaf tidak harus menunggu menjadi kaya. Karena dengan berapapun uang yang dimiliki, sudah bisa menjadi wakif (orang yang memberi wakaf).

“Benda wakaf berupa uang memiliki keluwesan atau fleksibilitas, dan kemaslahatan besar oleh benda lain, sehingga manfaat wakaf lebih mudah didapatkan,” kata dia.

Selain itu, dana yang diwakafkan tidak akan berkurang jumlahnya, melainkan sebaliknya, dana tersebut akan berkembang melalui investasi yang dijamin aman, dengan pengelolaan secara amanah, bertanggung jawab, professional, dan transparan. Sedangkang adanya wakaf ini untuk peningkatan kemaslahatan umum, seperti prasarana ibadah dan sosial, serta kesejahteraan masyarakat.

Sholih menambahkan, bagi masyarakat Jepara yang mau mewakafkan uangnya bisa ke Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS PWU) yang telah bekerjasama dengan BWI, yakni Bank BNI Syariah dengan nomor rekening 2020-233-233, atas nama Perwakilan Badan Wakaf Indonesia Kabuapaten Jepara. Selaian itu juga bisa datang langsung kekantor layanan Perwakilan BWI Kabupaten Jepara di Kantor Kementriaan Agama, atau ke Kantor Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Jepara.

Sementara itu, Sekda Jepara Edy Sujatmiko mewakili Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi berharap, program-progam yang diterapkan wakaf uang ini, masyarakat bumi kartini bisa ambil bagian. Serta sejalan dengan program dari Baznas, dan pemerintah daerah, yang dampaknya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Muhammmad Nuh mengatakan, tugas yang saat ini dilakukan yakni memperbanyak wakif, terutama kepada para milenial. Saat ini telah dilakukan kekampus-kampus, karena kedepan, para mahasiswa merupakan generasi penerus. Selain itu, rencana kedepan BWI juga akan meluncurkan wakaf poin.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan wakaf uang secara simbolis dari Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi yang di Wakili Sekda Jepara Edy Sujatmiko, Plt. Kepala Kantor Kemenag Jepara, perwakilan perangkat daerah, Ketua Perwakilan BWI Jepara, pengusaha, Duta Wakaf Unisnu kepada LKS PWU atau Bank BNI Syari’ah. Dan juga dilakukan penyerahan sertifikat tukar guling tanah di Desa Sengonbugel Kecamatan Mayong oleh ketua BWI pusat kepada Nazhir wakaf perseorangan. (DiskominfoJepara/Sofi’in)